PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI FOTOSINTESIS KELAS IV SD NEGERI PARANG 2

Nurhidayah, Cindy (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI FOTOSINTESIS KELAS IV SD NEGERI PARANG 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060059.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060059_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060059_0006096801_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (949kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060059_0006096801_0702078502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060059_0006096801_0702078502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060059_0006096801_0702078502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060059_0006096801_0702078502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060059_0006096801_0702078502_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (188kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060059_0006096801_0702078502_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti dari hasil observasi bahwa pada mata Pelajaran IPAS materi fotosintesis di kelas IV SDN Parang 2 masih di dominasi oleh aktivitas klasikal dengan mengacu pada peran guru. Guru hanya mengacu pada buku saat pembelajaran sehingga suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut dapat dilihat dari motivasi belajar peserta didik yang rendah yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang juga rendah. Dikarenakan proses pembelajaran yang efektif membutuhkan media yang inovatif terutama dalam menyampaikan materi abstrak seperti fotosintesis, maka dapat dikembangkan media berupa E-Modul berbasis Flipbook. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran E-Modul berbasis Flipbook pada materi fotosintesis di kelas IV SDN Parang 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model Tessmer yang meliputi preliminary, formative evaluation, self evaluation (expert review, one-to-one, small grup dan field test). Dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SDN Parang 2 Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi dengan melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) Media pembelajaran E-Modul berbasis Flipbook divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media mendapat persentase sebesar 76,9%, dan validasi ahli materi mendapat persentase sebesar 88,75%, sehingga dapat dinyatakan valid untuk digunakan. (2) Hasil uji kepraktisan respon guru mendapat persentase sebesar 79,6%, hasil respon peserta didik pada tahap one-to-one mendapat persentase sebesar 93,7%, small group 94,4%, dan field test 94,6% yang menyatakan bahwa media E-Modul berbasis Flipbook praktis digunakan. (3) Hasil uji keefektifan dilakukan melalui Pre-Test dan post-test. Hasil Pre-Test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dengan perolehan rata-rata nilai tahap one-to-one untuk Pre-Test 60 dan post-test 85, small group untuk Pre-Test 58,4 dan post-test 73, field test untuk Pre-Test 66 dan post-test 84,4. Dengan demikian media E-Modul berbasis Flipbook dinyatakan Layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Modul berbasis Flipbook dapat digunakan sebagai media perantara untuk kegiatan belajar mengajar di kelas IV karena dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam membantu peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Flipbook, Fotosintesis, Kelas IV.
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cindy Nurhidayah
Last Modified: 04 Aug 2025 10:46
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18522

Actions (login required)

View Item View Item