PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV SD

Aprilia, Rita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060014.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (58MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060014_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060014_0708087703_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060014_0708087703_0730098803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060014_0708087703_0730098803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060014_0708087703_0730098803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060014_0708087703_0730098803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060014_0708087703_0730098803_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060014_0708087703_0730098803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (54MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi,wawancara, angket, dan tes yang telah dilakukan pada siswa kelas IV SDN Petungroto dan SDN Ngadi, yang menunjukkan banyak siswa kesulitan memahami urutan daur hidup hewan serta membedakan antara metamorfosis sempurna, tidak sempurna, dan hewan yang tidak mengalami metamorfosis. Salah satu solusi yang dapat digunakan yaitu dengan mengembangkan sebuah media audiovisual berupa media video animasi pembelajaran berbasis STEAM. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media video animasi pembelajaran berbasis STEAM dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi daur hidup hewan. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Langkah-langkah prosedur dari model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Petungroto dan SDN Ngadi, dengan subjek uji coba terbatas 7 siswa pada masing-masing sekolah dan uji coba luas 46 siswa yang terdiri dari 26 siswa SDN Petungroto sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa SDN Ngadi sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu (1) angket validasi media dan materi, (2) angket respon guru dan siswa, (3) menggunakan pre-test dan post-test pada uji coba terbatas dan uji coba luas yang hasil data diolah menggunakan SPSS untuk diuji pra-syarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Melalui kevalidan ahli media dan ahli materi, media video animasi pembelajaran mendapatkan hasil sebesar 89% dan 95%. Presentase tersebut dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan untuk uji coba. Selanjutnya melalui angket respon siswa memperoleh rata-rata presentase 92.5% dan angket respon guru mendapatkan presentase sebesar 92.5%. Hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media video animasi pembelajaran sudah praktis digunakan. Hasil analisis uji normalitas terbatas diperoleh hasil sebesar 0,236 (pre-test) dan 0,562 (post-test), pada uji luas memperoleh hasil sebesar 0,097 (pre-test) dan 0,110 (post-test). Pada uji homogenitas terbatas diperoleh hasil 0,820 dan uji luas sebesar 0,371. Selanjutnya pada uji-t pre-test dan post-test didapatkan nilai sig. <,001 untuk uji terbatas dan <,001 untuk uji luas. Berdasarkan hasil analisis tersebut dinyatakan bahwa media video animasi pembelajaran berbasis STEAM dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah IPA materi daur hidup hewan pada kelas 4 SD. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk memanfaatkan media video animasi pembelajaran berbasis STEAM sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran IPA, khususnya pada materi daur hidup hewan. Penggunaan media video animasi berbasis STEAM dinilai mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa karena menggabungkan unsur Science, Technology, Engineering, And Mathematics dalam pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan media sejenis pada materi pembelajaran lain maupun pada jenjang pendidikan yang berbeda, serta melibatkan subjek penelitian dalam jumlah yang lebih luas guna memperoleh hasil yang lebih general dan dapat diterapkan secara lebih luas dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berbasis STEAM, Materi Daur Hidup Hewan, Audiovisual
Subjects: 710 Education science > 733 Population and environmental education
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rita Aprilia
Last Modified: 03 Aug 2025 11:50
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18375

Actions (login required)

View Item View Item