Roni Adi Krisna, Roni (2025) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SSG 345 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR SEPAK BOLA SISWA KELAS X SMK MA’ARIF SUDIMORO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_85101_2301010003 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (19MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_85101_2301010003_SIMILARITY .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (249kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85101_2301010003_0723128103_0709059001_01_front_ref .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (377kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_85101_2301010003_0723128103_070905900_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (345kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_85101_2301010003_0723128103_070905900_03 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (506kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_85101_2301010003_0723128103_070905900_04 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (338kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_85101_2301010003_0723128103_070905900_05 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (161kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_85101_2301010003_0723128103_070905900_06_ref .pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (150kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_85101_2301010003_0723128103_070905900_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Roni Adi Krisna Pengembangan Model Permainan SSG 345 untuk Meningkatakn Keterampilan Dasar Sepak bola Siswa Kelas X SMK Ma’arif Sudimoro Kabupaten Pacitan Kata Kunci: Model permainan, Small-Sided Games (SSG), SGS 345, keterampilan dasar sepak bola, PJOK, SMK, dribbling, passing, shooting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan sepak bola berbasis permainan kecil bertahap atau Small-Sided Games (SSG) dengan format 3v3, 4v4, dan 5v5 (SGS 345) guna meningkatkan keterampilan dasar bermain sepak bola siswa SMK. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya penguasaan teknik dasar seperti dribbling, passing, dan shooting pada siswa, akibat penggunaan metode pembelajaran yang kurang kontekstual. Model SSS 345 dikembangkan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih autentik dan menyenangkan dengan pendekatan yang bertahap sesuai perkembangan keterampilan. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan modifikasi langkah dari Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan terdapat kuesioner keprtisan untuk siswa, kuesioner kepraktisan untuk guru dan rubrik penilaian keterampilan dasar sepakbola. Subjek yang digunakan terdiri dari tahap uji coba terbatas 14 siswa dan 2 guru, tahap uji lapangan 33 siswa dan 4 guru serta uji efektivitas 15 siswa. Analisi data menggunakan rumus Aiken V untuk keayakan dan analisis persentase untuk uji kepraktisan. Sedangkan uji efektivitas menggunakan rumus paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain model SSG 345 terdiri dari tiga tahapan permainan progresif, yaitu format 3v3 yang fokus pada dribbling, 4v4 untuk passing, dan 5v5 untuk shooting, dengan sintaks pembelajaran yang disusun secara sistematis agar siswa terlibat aktif secara teknis, taktis, dan sosial; (2) hasil validasi oleh lima ahli menunjukkan bahwa model ini memperoleh nilai kelayakan rata-rata sebesar 91,2%, yang termasuk kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran PJOK; dan (3) uji efektivitas yang melibatkan 15 siswa kelas XI menunjukkan peningkatan skor rata-rata keterampilan dasar sepak bola dari 55,33 (pretest) menjadi 79,33 (posttest), dengan nilai gain sebesar 0,64, yang tergolong dalam kategori peningkatan sedang ke tinggi. Dengan demikian, model permainan SSG 345 terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan keterampilan dasar bermain sepak bola siswa SMK, serta dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran PJOK yang aktif, menyenangkan, dan kontekstual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Roni Adi Krisna Pengembangan Model Permainan SSG 345 untuk Meningkatakn Keterampilan Dasar Sepak bola Siswa Kelas X SMK Ma’arif Sudimoro Kabupaten Pacitan Kata Kunci: Model permainan, Small-Sided Games (SSG), SGS 345, keterampilan dasar sepak bola, PJOK, SMK, dribbling, passing, shooting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan sepak bola berbasis permainan kecil bertahap atau Small-Sided Games (SSG) dengan format 3v3, 4v4, dan 5v5 (SGS 345) guna meningkatkan keterampilan dasar bermain sepak bola siswa SMK. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya penguasaan teknik dasar seperti dribbling, passing, dan shooting pada siswa, akibat penggunaan metode pembelajaran yang kurang kontekstual. Model SSS 345 dikembangkan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih autentik dan menyenangkan dengan pendekatan yang bertahap sesuai perkembangan keterampilan. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan modifikasi langkah dari Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan terdapat kuesioner keprtisan untuk siswa, kuesioner kepraktisan untuk guru dan rubrik penilaian keterampilan dasar sepakbola. Subjek yang digunakan terdiri dari tahap uji coba terbatas 14 siswa dan 2 guru, tahap uji lapangan 33 siswa dan 4 guru serta uji efektivitas 15 siswa. Analisi data menggunakan rumus Aiken V untuk keayakan dan analisis persentase untuk uji kepraktisan. Sedangkan uji efektivitas menggunakan rumus paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain model SSG 345 terdiri dari tiga tahapan permainan progresif, yaitu format 3v3 yang fokus pada dribbling, 4v4 untuk passing, dan 5v5 untuk shooting, dengan sintaks pembelajaran yang disusun secara sistematis agar siswa terlibat aktif secara teknis, taktis, dan sosial; (2) hasil validasi oleh lima ahli menunjukkan bahwa model ini memperoleh nilai kelayakan rata-rata sebesar 91,2%, yang termasuk kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran PJOK; dan (3) uji efektivitas yang melibatkan 15 siswa kelas XI menunjukkan peningkatan skor rata-rata keterampilan dasar sepak bola dari 55,33 (pretest) menjadi 79,33 (posttest), dengan nilai gain sebesar 0,64, yang tergolong dalam kategori peningkatan sedang ke tinggi. Dengan demikian, model permainan SSG 345 terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan keterampilan dasar bermain sepak bola siswa SMK, serta dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran PJOK yang aktif, menyenangkan, dan kontekstual. |
Subjects: | 710 Education science > 763 Sports and health education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2-Keguruan Olahraga |
Depositing User: | RONI ADI KRISNA |
Last Modified: | 01 Aug 2025 04:44 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |