ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERASI SISWA

Nuricahyati, Wendy Febia (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERASI SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2015010001.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010001_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (344kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010001_0730128505_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010001_0730128505_0702018801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010001_0730128505_0702018801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010001_0730128505_0702018801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010001_0730128505_0702018801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2015010001_0730128505_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (204kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010001_0730128505_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan terhadap objek penelitian yaitu kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, Dimana setiap kemampuan siswa memiliki hasil yang berbeda, pada penelitian ini dibagi menjadi tiga kategori dalam mencari letak kemampuan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil analisis pemecahan masalah siswa dengan kemampuan numerasi rendah, sedang dan tinggi pada pemecahan soal cerita pada materi pecahan kelas V SD Katolik Frateran II Kota Kediri. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Katolik Frateran II Kota Kediri dengan subjek kelas V yang diambil dari hasil nilai post-test diambil 6 sampel siswa, memetakan kedalam tiga kategori yaitu 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Untuk Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut (Miles & Huberman 1992:90) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini adalah subjek kategori kemampuan tinggi mampu menyelesaikan semua tahapan indikator pemecahan masalah soal cerita memenuhi semua indikator sangat baik dapat dijelaskan beberapa indikator seperti memahami masalah soal cerita, merencanakan soal cerita, melakukan rencana pemecahan soal cerita, dan memeriksa kembali pemecahan soal cerita. Subjek kategori kemampuan tinggi juga mampu memenuhi indikator kemampuan numerasi. Selanjutnya subjek kategori kemampuan sedang bisa memenuhi tahapan indikator kemampuan pemecahan masalah soal cerita dan indikator kemampuan numerasi dengan cukup baik, subjek kurang mampu untuk merencanakan pemecahan soal cerita. Selanjutnya subjek kategori kemampuan rendah kurang memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah soal cerita dan indikator kemampuan numerasi pada tahapan merencankan, menyelesaikan soal cerita dan memeriksa kembali jawaban penyelesaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Pemecahan Masalah, Soal Cerita, Kemampuan Numerasi
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Wendy Febia Nuricahyati
Last Modified: 22 Aug 2024 07:46
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item