PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIGITAL GAME BASED LEARNING (DGBL) DIDUKUNG MEDIA GAME ONLINE MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS II SDN MANGGIS 2 PUNCU

Wardani, Winda Risma (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIGITAL GAME BASED LEARNING (DGBL) DIDUKUNG MEDIA GAME ONLINE MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS II SDN MANGGIS 2 PUNCU. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060131.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060131_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060131_0724077901_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060131_0724077901_0702018801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060131_0724077901_0702018801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060131_0724077901_0702018801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060131_0724077901_0702018801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060131_0724077901_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (182kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060131_0724077901_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti terhadap hasil belajar matematika siswa yang rendah yang diakibatkan tidak diterapkannya model pembelajaran serta tidak adanya media dalam proses pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian yang tidak menggunakan model pembelajaran Digital Game Based Learning didukung dengan game online sama dengan atau > 75? (2) Apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian yang menggunakan model pembelajaran Digital Game Based Learning didukung dengan game online sama dengan atau > 75? (3) Adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Digital Game Based Learning didukung dengan game online terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian di kelas II SDN Manggis 2 Puncu? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk pendekatan yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasy eksperiment dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Manggis 2 Puncu, Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan di dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan menggunakan perangkat pembelajaran dan soal berupa pretest dan posttest Dari hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut (1)Hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian yang tidak menggunakan model pembelajaran Digital Game Based Learning didukung media game online matematika pada siswa kelas II SDN Manggis 2 Puncu diperoleh nilai rata-rata posttest yaitu 73 yang berarti nilai tersebut tidak sama dengan atau di bawah 75 atau di bawah KKM dengan didukung uji hipotesis dengan hasil 0,000 < 0,05. (2) Hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian yang menggunakan model pembelajaran Digital Game Based Learning didukung media game online matematika pada siswa kelas II SDN Manggis 2 Puncu diperoleh nilai rata-rata posttest yaitu 78 yang berarti sama dengan atau di atas KKM didukung uji hipotesis dengan hasil 0,000 < 0,05. (3) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Digital Game Based Learning didukung media game online matematika pada siswa kelas II SDN Manggis 2 Puncu” didukung uji hipotesis dengan hasil 0,000 < 0,05. Saran dari hasil peniliti ini adalah guru perlu untuk terus berlatih dan menambah pengetahuan tentang model dan media pembelajaran agar penerapannya dalam pembelajaran lebih bervariasi dan tidak membosankan. Serta untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat dijadikan referensi atau acuan dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Digital Game Based Learning (DGBL), hasil belajar siswa.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Winda Risma Wardani
Last Modified: 21 Aug 2024 00:52
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item View Item