Febiyanti, Eka Endah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_84202_2015010041.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010041_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (204kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010041_0002026403_0707067003_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010041_0002026403_0707067003_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (873kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010041_0002026403_0707067003_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (954kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010041_0002026403_0707067003_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010041_0002026403_0707067003_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_84202_2015010041_0002026403_0707067003_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (418kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010041_0002026403_0707067003_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika dikarenakan persepsi bahwa matematika itu sulit dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran matematika yang masih konvensional sehingga siswa kurang berperan secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Akibatnya, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang berpusat pada siswa untuk berperan secara aktif dalam menemukan suatu konsep pengetahuan baru dengan mengidentifikasi masalah, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dikemukakan oleh Polya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMAN 4 Kediri pada kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah RPP/Modul Ajar dan Soal Pretest Posttest yang sudah tervalidasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi kenaikan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 42,6562 dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis bertambah sebesar 40,56% pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol, terjadi kenaikan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 15,9143 dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa bertambah sebesar 16,53%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, model pembelajaran Discovery Learning dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa) 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eka Endah Febiyanti |
Last Modified: | 19 Aug 2024 15:24 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16622 |
Actions (login required)
View Item |