Muna, Arifatul Hilmi Isfil (2024) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER GENAP. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_84202_2015010044.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010044_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (138kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010044_0710016401_0717127601_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010044_0710016401_0717127601_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010044_0710016401_0717127601_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (104kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010044_0710016401_0717127601_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010044_0710016401_0717127601_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_84202_2015010044_0710016401_0717127601_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (131kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010044_0710016401_0717127601_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika di kelas VIII semester genap. Pendekatan kurikulum merdeka belajar di Indonesia menekankan kebebasan dalam proses pembelajaran, dengan harapan dapat melahirkan generasi yang memiliki intelektualitas yang kuat dan memiliki semangat untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan deskriptif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Grogol dengan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model PBL telah sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan. Guru berhasil melaksanakan seluruh tahapan model PBL dengan baik, sedangkan siswa menunjukkan peningkatan keaktifan selama proses pembelajaran terutama dalam bertanya dan aktif dalam diskusi kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat diterapkan secara maksimal dalam konteks kurikulum belajar mandiri di Indonesia, meskipun masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan terutama dalam kegiatan evaluasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Matemaika |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa) 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Arifatul Hilmi Isfil Muna |
Last Modified: | 19 Aug 2024 05:46 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16504 |
Actions (login required)
View Item |