Wardhani, Ananda Puspita Kusuma (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS 4 SDN SATAK 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060121.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060121_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060121_0719109101_0724077901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060121_0719109101_0724077901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060121_0719109101_0724077901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060121_0719109101_0724077901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060121_0719109101_0724077901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060121_0719109101_0724077901_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (139kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060121_0719109101_0724077901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Satak 2, siswa kelas 4 mengalami kesulitan belajar terutama saat pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa yaitu nilai ulangan harian dan nilai evaluasi yang diberikan guru dengan hasil yang masih dibawah KKM dari 22 siswa yang dibawah KKM ada 13. Pada saat pembelajaran siswa juga mengalami kesulitan yaitu pada materi perkalian karena siswa belum bisa memahami materi. Karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan buku sehingga materi yang disampaikan kurang menarik bagi siswa. Karena permasalahan tersebut dapat membuat siswa kurang semangat. Tidak adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam belajar. Peneliti dapat membantu guru dan siswa dengan mengembangkan multimedia interaktif pada materi perkalian bilangan cacah untuk siswa kelas 4 SDN Satak 2. Tidak adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam belajar. Peneliti dapat membantu guru dan siswa dengan mengembangkan multimedia interaktif pada materi perkalian bilangan cacah untuk siswa kelas 4 SDN Satak 2. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui kevalidan Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Perkalian Cacah 2) Untuk mengetahui kepraktisan Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Perkalian Cacah 3) Untuk mengetahui keefektifan Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Perkalian Cacah. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian yaitu siswa kelas 4. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa anget validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket kepraktisan respon guru dan respon siswa, serta soal post-test. Hasil penelitian dan pengembangan dari multimedia interaktif adalah (1) Hasil validasii media memenuhi kriteria kevalidan dengan nilai 92,3% dan validasi materi dengan nilai 83,2%, (2) Hasil uji kepraktisan media dapat dilihat dari hasil kepraktisan respon guru dengan nilai 92%, dan untuk nilai respon siswa uji terbatas mendapat nilai 100% dan respon siswa uji luas mendapat nilai 100% (3) Hasil uji keefektifan dapat dilihat dari hasil post-test uji terbatas mendapat nilai 88,5% dengan nilai KBK 100% dan hasil post-test uji luas mendapat nilai 90% dengan nilai KBK 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif dapat membantu siswa dalam memahami materi dan telah memenuhi criteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Perkalian Bilangan Cacah |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ananda Puspita Kusuma Wardhani |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:51 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15308 |
Actions (login required)
View Item |