PENGEMBANGAN PPT INTERAKTIF BERBASIS EDU GAMES WORDWALL PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN PAKUNDEN 1

Destiana D, Vanessa Dhiar (2024) PENGEMBANGAN PPT INTERAKTIF BERBASIS EDU GAMES WORDWALL PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN PAKUNDEN 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060141.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060141_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060141_0706128701_0719109101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (889kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060141_0706128701_0719109101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060141_0706128701_0719109101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060141_0706128701_0719109101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060141_0706128701_0719109101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060141_0706128701_0719109101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (149kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060141_0706128701_0719109101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi di SDN Pakunden 1. Masalah dasar yang dihadapi adalah guru belum menggunakan sebuah alat bantu mengajar atau media pembelajaran dalam proses mengajar di kelas, guru hanya menjelaskan materi dengan menggunakan metode ceramah dan cenderung menggunakan buku paket sebagai sarana dalam mengajar. Kondisi tersebut menyebabkan siswa cenderung kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga berdampak juga terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kevalidan pengembangan PPT interaktif berbasis edu games wordwall yang digunakan. 2) Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan PPT interaktif berbasis edu games wordwall yang digunakan. 3) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan PPT interaktif berbasis edu games wordwall yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), Dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VI SDN Pakunden 1. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa instrumen angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Media pembelajaran PPT interaktif berbasis edu game wordwall mendapatkan nilai rata – rata 87% dari validasi ahli media dan ahli materi, artinya media pembelajaran yang dibuat sudah sangat valid untuk digunakan tanpa revisi. (2) Media pembelajaran PPT interaktif berbasis edu game wordwall pada uji coba terbatas mendapatkan nilai rata – rata 91% dan pada uji coba luas mendapatkan nilai rata – rata 89%, artinya media pembelajaran yang dibuat sudah sangat praktis digunakan. Nilai tersebut diperoleh dari angket guru dan angket siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas. (3) Media pembelajaran PPT interaktif berbasis edu game wordwall dinyatakan efektif, sebab hasil ketuntasan klasikal siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Interactive PPT, Wordwall, Solar System, Learning Results
Subjects: 200 Animal science > 210 Livestock science
200 Animal science > 211 Animal husbandry
200 Animal science > 212 Social economy of domestic economy
200 Animal science > 213 Animal nutrition and food
200 Animal science > 214 Animal product technology
200 Animal science > 215 Animal husbandry development
410 Engineering science > 428 Transportation
410 Engineering science > 437 Textile engineering (textile)
410 Engineering science > 453 Telecommunications engineering
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Vanessa Dhiar Destiana D
Last Modified: 08 Aug 2024 10:51
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14567

Actions (login required)

View Item View Item