Larisa, Maharani Aprilia (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060247.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060247_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060247_0722039001_0704078402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060247_0722039001_0704078402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060247_0722039001_0704078402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (699kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060247_0722039001_0704078402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060247_0722039001_0704078402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060247_0722039001_0704078402_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (300kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060247_0722039001_0704078402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perkalian merupakan materi pembelajaran matematika yang sangat penting yang harus dikuasai siswa. Perkalian berguna dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari - hari, contohnya dalam melakukan transaksi atau jual beli. Selain itu, pada aturan pemakaian suatu obat, biasanya ditulis 3x1 tablet sehari. Namun masih banyak siswa yang memandang bahwa matematika adalah pelajaran yang kurang menarik, sulit dipelajari, membingungkan, dan membosankan. Berdasarkan hasil observasi di SDN 3 Tamanan Trenggalek, permasalahan tersebut disebabkan karena kesulitan siswa SD dalam memahami konsep perkalian. Selain itu, belum optimalnya penggunaan media pembelajaran saat proses pembelajaran.Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diadakan upaya perbaikan praktik belajar untuk mengubah pandangan negatif siswa terhadap matematika, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang dalam membuat media pembelajaran yaitu dengan mengembangkan multimedia interaktif yang berbasis game edukasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan produk multimedia interaktif berbasis game edukasi pada materi perkalian untuk siswa kelas III SD yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis campuran yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Mengenai metode kualitatif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Metode analisis data kuantitatif diperoleh melalui angket validasi, angket kepraktisan, dan soal evaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis game edukasi yaitu valid atau layak digunakan proses pembelajaran di kelas. Produk ini melalui tahap uji validasi dari ahli materi, uji validasi ahli media, angket respon guru dan siswa serta post test. 1) Uji validasi ahli materi memperoleh 90% dan validasi ahli media memperoleh 86,6%; 2) Untuk presentase kepraktisan diperoleh dari respon guru yaitu 90% dan 96,25% untuk respon siswa; 3) Pada kriteria ketuntasan secara klasikal diperoleh 80% pada uji kelompok kecil dan 95% dari hasil uji lapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis game edukasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Game Edukasi, Perkalian. |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Maharani Aprilia Larisa |
Last Modified: | 08 Aug 2024 10:00 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14560 |
Actions (login required)
View Item |