PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK PGRI 3 KEDIRI

Sari, Kiky Zuliana and AFANDI, TJETJEP YUSUF and SURINDRA, BAYU (2020) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK PGRI 3 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87203_16101040003.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1)
RAMA_87203_16101040003_0005086802_0719108702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87203_16101040003_0005086802_0719108702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87203_16101040003_0005086802_0719108702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87203_16101040003_0005086802_0719108702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87203_16101040003_0005086802_0719108702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (Referenses)
RAMA_87203_16101040003_0005086802_0719108702_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (86kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87203_16101040003_0005086802_0719108702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK PGRI 3 Kediri. Dalam penelitian ini teknik penelitian menggunakan metode angket/kuesioner dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan pendekatan probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian yang dilakukan dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK PGRI 3 Kediri. Didapatkan persamaan regresi berganda Y = 77,947 + 2,050X1 + 1,573X2 yang berarti nilai contant (a) 77,947, variabel metode mengajar guru (b) adalah 2,050, dan variabel kemandirian belajar adalah 1,573. Berdasarkan hasil tersebut kategori kuat. Berdasarkan hasil uji t hitung metode mengajar guru sebesar 3,395 dan kemandirian belajar sebesar 4,836 lebih besar dari t tabel sebesar 2,060 dan nilai signifikan metode mengajar guru sebesar 0,033 dan kemandirian belajar sebesar 0,041 yang artinya dibawah 0,05 dapat dikatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan. Berdasarkan uji F hitung metode mengajar guru dan kemandirin belajar terhadap hasil sebesar 4,945 artinya lebih besar dari F tabel sebesar 3,39 dan nilai signifikan sebesar 0,035 yang artinya lebih kecil dari 0,05 dapat dikatan terdapat pengaruh positif dan signifikan. Koefisien determinasi dari penelitian ini bahwa pengaruh variabel bebas metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap variabel dependen hasil belajar adalah 78%, sedangkan sisanya 22% dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam hal ini koefisien determinasi tersebut memiliki kategori kuat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK PGRI 3 Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 562 Accounting
550 Economics > 564 Banking
550 Economics > 570 Management science
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
550 Economics > 578 Secretariat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Kiky Zuliana Sari
Date Deposited: 25 Aug 2020 13:52
Last Modified: 25 Aug 2020 13:52
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item