PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SISTEM KOORDINASI BERBASIS ASICC (ADAPTING SEARCHING INTERPRETING CREATING & COMMUNICATING) UNTUK MEMBERDAYAKAN KECAKAPAN ABAD 21

Permatasari, Dian and Sulistiono, Sulistiono and Muji Santoso, Agus (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SISTEM KOORDINASI BERBASIS ASICC (ADAPTING SEARCHING INTERPRETING CREATING & COMMUNICATING) UNTUK MEMBERDAYAKAN KECAKAPAN ABAD 21. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
DIAN_84205_16101060004_0007076801_0713088605_Full Tex..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
DIAN_84205_16101060004_0007076801_0713088605_similarity.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (References)
DIAN_84205_16101060004_0007076801_0713088605_Ref.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
DIAN_84205_16101060004_0007076801_0713088605_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (783kB) | Request a copy

Abstract

Untuk menunjang dan memberdayakan kecakapan abad 21 perlu sumber daya manusia yang berkualitas dalam mengatasi tantangan dan persaingan global. Oleh karena itu diperlukan kegiatan pembelajaran yang bisa memfasilitasi siswa dalam mengembangkan kecakapan abad 21 yaitu komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis memecahkan masalah, kreatif dan inofatif. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis ASICC (Adapting Searching Interpreting Creating & Communicating). Berdasarkan hasil observasi di SMA menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran, karena siswa mengalami kesulitan ketika memahami pelajaran biologi terutama pada materi sistem koordinasi dan guru masih mengalami kesulitan dalam merancang pembelajaran yang mampu membangun kompetensi abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun bahan ajar berupa LKS berbasis ASICC pada materi sistem koordinasi untuk membantu memberdayakan Kecakapan Abad 21. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu: Analysis (menganalisis), Design (mendesain), Development (mengembangkan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi) yang dimodifikasi dan dilaksanakan sampai pada tahap Development. Hasil validasi dari ahli pembelajaran biologi I sebanyak 94%, ahli pembelajaran biologi II sebanyak 92%, ahli pembelajaran IPA/lingkungan sebanyak 90% dan validator praktisi/guru biologi SMA sebanyak 92%. Dengan demikian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKS ASSIC Abad 21
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Dian Permatasari
Date Deposited: 25 Aug 2020 07:29
Last Modified: 25 Aug 2020 07:29
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item