PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS KEARIFAN LOKAL KEDIRI UNTUK MENCERMATI KARAKTER TOKOH-TOKOH YANG TERDAPAT PADA TEKS FIKSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PLAOSAN 2

Maharani, Puri Putri and LAILA, ALFI and SANTI, NOVI NITYA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS KEARIFAN LOKAL KEDIRI UNTUK MENCERMATI KARAKTER TOKOH-TOKOH YANG TERDAPAT PADA TEKS FIKSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PLAOSAN 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_16101100026.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100026_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100026_0708087703_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (80kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100026_0708087703_0714118403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) need assesment siswa dan guru terhadap pengembangan media video berbasis kearifan lokal. 2) kevalidan dari ahli media, ahli materi dan ahli bahasa pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku untuk mencermati karakter tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reseacrh and Development). Model pengembangan penelitian mengacu pada prosedur ADDIE dengan 5 tahapan: (a) Analysis; (b) Design; (c) Development; (d) Implementation; (e) Evaluation. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penilaian kevalidan media pembelajaran melibatkan empat dosen ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) guru dan siswa sama-sama membutuhkan pengembangan media video berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Plaosan 2, dari hasil uji coba luas yang digunakan untuk penilaian siswa dan guru bahwa dari sebanyak 30 siswa, siswa mudah memahami materi mencermati karakter tokoh-tokoh pada teks fiksi sebanyak 25 siswa (83%), penggunaan media video proses belajar lebih tertarik sebanyak 30 siswa (100%) dan penggunaan media video siswa lebih fokus saat pembelajaran berlangsung sebanyak 23 siswa (77%). Dan membutuhkan media yang bergerak dalam bentuk video terdapat persentase sebesar 90%, siswa mudah memahami materi mencermati karakter tokoh-tokoh pada teks fiksi sebesar 83% dan media video menjadi mudah lebih menerangkan pada siswa sebesar 100%. 2) media video berbasis kearifan lokal berdasarkan dari hasil validasi ahli media didapatkan persentase sebesar 80% kategori baik/layak, ahli desain materi diperoleh persentase sebesar 93,3% kategori baik/layak dan ahli bahasa didapatkan persentase sebesar 90% kategori baik/layak yang berarti bahwa media yang dikembangkan tersebut masuk dalam kategori baik/layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kediri Local Wisdom Media Video, Observing Character Characters in Fiction Text
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Puri Putri Maharani
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:03
Last Modified: 24 Aug 2020 06:03
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item View Item