ANALISIS KEPUTUSAN PENGGUNAAN SHOPEEPAY BERDASARKAN PROMOSI, PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)

Andana, Riska and MUSLIH, BASTHOUMI and SOEDJOKO, DODI KUSUMA HADI (2023) ANALISIS KEPUTUSAN PENGGUNAAN SHOPEEPAY BERDASARKAN PROMOSI, PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_19102020204.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_19102020204_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_19102020204_0701018607_0715127402_01_front_ref.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_19102020204_0701018607_0715127402_02.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_19102020204_0701018607_0715127402_03.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_19102020204_0701018607_0715127402_04.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_19102020204_0701018607_0715127402_05.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_19102020204_0701018607_0715127402_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (168kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_19102020204_0701018607_0715127402_07_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dalam sebuah perusahaan e-money khususnya dompet digital memerlukan sebuah pemasaran pada bidang promosi, persepsi kemanfaatan, dan persepsi kemudahan untuk sebagai pertimbangan keputusan penggunaan. Dengan banyaknya pesaing dibidang dompet digital, sebuah perusahaan harus gencar melakukan promosi, memberikan kemanfaatan seperti proses yang cepat, dan membuat sebuah sistem mudah dipelajarai maupun digunakan saat bertransaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, persepsi kemanfaatan, dan persepsi kemudahan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan penggunaan ShopeePay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Sampling Purposive. Populasai pada penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Dengan menggunakan teori Roesco didapatkan sampel sebanyak 40 mahasiswa. Sasaran pada penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah menggunakan ShopeePay dengan memiliki kriteria yaitu mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri dan minimal 2 kali transaksi dalam menggunakan ShopeePay. Teknik pengumpulan data dengan mengisi kuesioner melalaui google form. Hasil uji instrumen pada penelitian ini yaitu valid dan reliabel. Ada beberapa teknik analisis data yang digunakan seperti analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, koefisian determinasi, dan uji hipotesis menggunakan software SPSS for windows versi 26. Hasil penelitian ini secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel promosi mempunyai nilai signifikan 0,000<0,05, variabel persepsi kemanfaatan dengan nilai signifikansi 0,002<0,05, dan variabel persepsi kemudahan nilai signifikansi 0.004<0,05. Yang berarti bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh secara parsial terhadap keputusan penggunaan. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel promosi, persepsi kemanfaatan, dan persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah promosi, persepsi kemanfaatan, dan persepsi kemudahan berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan penggunaan ShopeePay.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Keputusan Penggunaan
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Riska Andana
Date Deposited: 02 Aug 2023 18:07
Last Modified: 02 Aug 2023 18:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9768

Actions (login required)

View Item View Item