Perbedaan Keterampilan Berbahasa Produktif Mahasiswa Ditinjau Dari Model Pembelajaran Brain dan Investigasi Kelompok

PITOYO, ANDRI (2020) Perbedaan Keterampilan Berbahasa Produktif Mahasiswa Ditinjau Dari Model Pembelajaran Brain dan Investigasi Kelompok. Jurnal Ghancaran. ISSN 2715-9132

[img]
Preview
Image
homepageImage_en_US.png

Download (158kB) | Preview
[img] Text (Editorial)
Editorial.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf

Download (10MB)
[img] Text (Artikel)
3758-Article Text-9081-1-10-20200906.pdf

Download (547kB)
[img] Text (Uji plagiasi)
5. Cek Plagiasi PERBEDAAN KETERAMPILAN BERBAHASA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8.4. Peer_Review_Perbedaan Keterampilan Berbahasa Produktif.pdf

Download (58kB)
Official URL: http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/ghancar...

Abstract

Capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) memberikan arah yang jelas bagi terciptanya proses pembelajaran. Selain itu, memberikan gambaran nyata tindakan dan perilaku belajar mengajar bagi mahasiswa dan dosen. Proses dan peristiwa belajar yang menarik, menyenangkan, inovatif, dan kreatif akan berpengaruh positif terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Pernyataan tersebut secara tidak langsung menuntut dosen untuk mendesain dan menerapkan model pembelajaran yang menarik. Fakta di lapangan menunjukkan masih banyak model pembelajaran yang diterapkan dosen tidak sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan. Capaian pembelajaran mata kuliah Keterampilan Berbahasa Produktif (KBP) mengharuskan mahasiswa untuk bisa menghasilkan karya tulis ilmiah yang dipublikasikan dalam bentuk seminar akademik. Tuntutan ini berimplikasi pada kewajiban dosen untuk menyiapkan model pembelajaran yang menarik, efektif, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran BRAIN terhadap Keterampilan Berbahasa Produktif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Nusantara PGRI Kediri pada semester Gasal tahun pelajaran 2019/2020 dengan sampel berjumlah 62 mahasiswa. Kelompok terbagi menjadi 2 yaitu eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan model BRAIN dan kelas kontrol menggunakan model Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata keterampilan berbahasa mahasiswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jika ditinjau dari KBP, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 65,29 yang lebih baik dari kelas kontrol sebesar 63,88.

Item Type: Article
Subjects: 500 Linguistics > 520 Linguistics
500 Linguistics > 521 Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Andri Pitoyo
Date Deposited: 11 Apr 2023 11:23
Last Modified: 13 Jun 2023 02:38
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9469

Actions (login required)

View Item View Item