Efektivitas Pembelajaran Online dengan Menggunakan Google Classroom terhadap Hasil Belajar

Hariyanti, Devita Dwi Yuliara and AFANDI, TJETJEP YUSUF and PRASTYANINGTYAS, EFA WAHYU (2021) Efektivitas Pembelajaran Online dengan Menggunakan Google Classroom terhadap Hasil Belajar. In: Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi 2021. Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, pp. 699-704.

[img] Text (Sampul, Editorial, Daftar Isi, dan Artikel)
2021_Senmea Devita PTjetjep BEfa.pdf

Download (841kB)
[img] Text (Uji plagiasi)
UJIPLA~1.PDF

Download (1MB)
Official URL: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senme...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum pembelajaran dengan sistem offline dan sesudah menggunakan google classroom dan mendeskripsikan kendala-kendala pembelajaran online dengan menggunakan google classroom siswa XI AKL mata pelajaran Akuntansi di SMK PGRI 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah 25 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner online, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian bahwa uji deskriptif pada pembelajan online menggunakan google classroom diperoleh diperoleh thitung>ttabel dengan nilai 19.013>2,068 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti pembelajaran online menggunakan google classroom secara parsial efektif terhadap hasil belajar dengan siginifikansi (Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa google classroom efektif dalam pembelajaran online, hasil uji komparatif yang didapatkan dengan siginifikansi p value (Sig. (2-tailed) = 0,003. Karena p value 0,003<0,05 maka H0 di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan, nilai sebelum pembelajaran dengan sistem offline dan sesudah menggunakan google classroom terhadap hasil belajar siswa, akan tetapi masih ada kendala-kendala yang mengakibatkan pembelajaran online menggunakan google classroom kurang menyenangkan.

Item Type: Book Section
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Efa Wahyu Prastyaningtyas
Date Deposited: 06 Apr 2023 09:54
Last Modified: 06 Apr 2023 09:54
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9421

Actions (login required)

View Item View Item