Program kemitraan masyarakat menjadi orang tua ideal dalam mendampingi belajar anak pasca pandemi covid-19

UTOMO, HANGGARA BUDI and DWIYANTI, LINDA and WATI, EPRITHA KURNIA and ISWANTININGTYAS, VENY and ISTIFADAH, HUSNA (2023) Program kemitraan masyarakat menjadi orang tua ideal dalam mendampingi belajar anak pasca pandemi covid-19. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1). pp. 375-384. ISSN 2716-3997

[img] Text (Halaman Sampul, Redaksi, Daftar Isi, Isi Artikel)
Artikel Reswara Vol.4 No.1 2023.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswar...

Abstract

Seiring berjalannya waktu dan adanya kondisi yang melandai pada pandemi covid-19, maka orang tua perlu meningkatkan pendampingan putra-putrinya saat melakukan aktivitas belajar dan saat beraktivitas selain belajar. Kegiatan pengabdian memiliki fokus pada pemahaman orang tua menjadi individu yang ideal dalam mendampingi belajar anak pasca pandemi covid-19 melalui optimalisasi peran modelling, mentoring, organizing, dan teaching di MI AlHikmah Kweden Kabupaten Kediri. Jumlah peserta pada kegiatan seminar sebanyak 33 peserta, dan pada kegiatan pelatihan sebanyak 36 peserta. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat antara lain mengacu pada tahap persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat memberikan hasil, diantaranya: (1) hasil evaluasi program seminar pengasuhan orang tua dengan tingkat keberhasilan baik; (2) hasil evaluasi program pelatihan orang tua dengan kategori keberhasilan sangat baik; dan (3) kegiatan pelatihan berhasil dalam memberikan pemahaman keterlibatan orang tua mengenai pentingnya peran modelling, mentoring, organizing, dan teaching di MI Al-Hikmah Kweden Kabupaten Kediri. Peningkatan pada hasil evaluasi dan pemahaman keterlibatan orang tua dalam mendampingi belajar anak, menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian berjalan dengan baik. Saran kegiatan pengabdian selanjutnya lebih difokukan pada pelatihan peningkatan kesadaran orangtua terkait modelling, mentoring, organizing, dan teaching melalui aksi nyata secara berkala dalam pengembangan kreativitas anak

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
710 Education science > 795 Educational psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Hanggara Budi Utomo
Date Deposited: 24 Mar 2023 09:47
Last Modified: 24 Mar 2023 09:52
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9341

Actions (login required)

View Item View Item