Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Adobe Flash Pada Tema 7 Subtema 2 Keragaman Budaya Kelas IV Sekolah Dasar

Setyawan, Muhamad Guntur Andrean and Sahari, Sutrisno and Permana, Erwin Putera (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Adobe Flash Pada Tema 7 Subtema 2 Keragaman Budaya Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4 (1). pp. 103-108. ISSN 2685-936X

[img] Text
12. Artikel JPDK 2022.pdf

Download (639kB)
[img] Text
12. SIMILARITY JPDK 2022.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PEER REVIEW JPK Jan 2022.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4. Diketahui saat peneliti bertanya pada siswa dan guru bahwa penggunaan media masih jarang pada proses pembelajaran. Maka dari itu penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai perantara dalam menyampaikan pesan dan konsep materi. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan mampu memberi pemaham tentang materi keragaman budaya lebih baik. Media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran interaktif adobe flash. Tujuan dari penelititian ini yaitu (1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif adobe flash pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4, (2) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif adobe flash pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4, (3) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif adobe flash pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4. Penelitian ini menggunakan Research And Development (Penelitian dan Pengembangan). Model pengembangan yang menjadi acuan peneliti yaitu ADDIE. Model R&D ini digunakan karena di sesuaikan dengan Langkah Langkah dalam proses dan pengembangan yang dilakukan peneliti. Instumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan guru dan siswa, dan tes tulis/soal evaluasi. Data hasil validasi, angket dan tes tulis menggunakan skala likert. Hasil penelitian media pembelajaran interaktif adobe flash yaitu: (1) Media pembelajaran interaktif memperoleh presentase 87% dari ahli media dan 94% dari ahli materi yang berarti media dinyatakan sangat valid dalam uji validasi media, (2) Media pembelajaran interaktif memperoleh presentase 92% dari angket guru dan 92% dari angket siswa yang berarti media sangat valid dalam angket kepraktisan media, (3) Media pembelajaran interaktif mendapat presentase 45% (Ketuntasan) pada pre test dan mendapat presentase 82% (Ketuntasan) pada post test yang berarti media sangat efektif dalam hasil uji coba keefektifan media.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erwin Putera Permana
Date Deposited: 11 Mar 2023 03:52
Last Modified: 11 Mar 2023 03:52
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9298

Actions (login required)

View Item View Item