PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT SWAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN KELAS 2

Pangestu, Hendra Puja and PRIMASATYA, NURITA and ZAMAN, WAHID IBNU (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS (SOLE) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT SWAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN KELAS 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_18101100116.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100116_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100116_0722039001_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100116_0722039001_0713078602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100116_0722039001_0713078602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100116_0722039001_0713078602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100116_0722039001_0713078602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100116_0722039001_0713078602_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100116_0722039001_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas II SDN Deyeng 1. Berdasarkan hasil wawancara guru kelas II diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa belum mencapai KKM pada materi Bagian-Bagian Tubuh Hewan. Dari hasil pengamatan tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan media yang sesuai selama kegiatan belajar mengajar siswa saat Pandemi Covid-19. Berdasarkan latar belakang tersebut muncul beberapa rumusan masalah, antara lain : (1) Apakah tanpa model pembelajaran Self Organized Learning Environments dan media pembelajaran Microsoft Sway berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa? (2) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environments dan media pembelajaran Microsoft Sway berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh menggunakan atau dengan tidak menggunakan model Self Organized Learning Environments dengan media pembelajaran Microsoft Sway berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah ; (1) Untuk mengetahui apakah tanpa model pembelajaran Self Organized Learning Environments dan media pembelajaran Microsoft Sway berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; (2) Untuk mengetahui Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environments dan media pembelajaran Microsoft Sway berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa; (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh menggunakan atau dengan tidak menggunakan model Self Organized Learning Environments dengan media pembelajaran Microsoft Sway berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa Kesimpulan penelitian adalah: (1) Model pembelajaran tanpa Self Organized Learning Environments (SOLE) dan media pembelajaran Microsoft Sway pada kelas II B tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, (2) Pada kelas II A Model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) dan media pembelajaran Microsoft Sway berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa ditunjukkan dari hasil uji-t dimana sig. 0.890 ≥ 0.05, (3) Ada perbedaan pengaruh antara yang tidak menggunakan model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) dan media pembelajaran Microsoft Sway dengan yang menggunakan Self Organized Learning Environments (SOLE) dan media pembelajaran Microsoft Sway.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self Organized Learning Environments (SOLE), Microsoft Sway, Bagian-Bagian Tubuh Hewan kelas 2.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 110 Natural sciences
710 Education science > 793 PGSD
900 Other sciences > 900 Other sciences
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hendra Puja Pangestu
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:09
Last Modified: 13 Jun 2024 08:09
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9176

Actions (login required)

View Item View Item