PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS III DI SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI

Dewantari, Nennys Fernanda and PRIMASATYA, NURITA and ZAMAN, WAHID IBNU (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS III DI SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (full text)
RAMA_86206_18101100100.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100100_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (535kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 +References)
RAMA_86206_18101100100_0722039001_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100100_0722039001_0713078602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100100_0722039001_0713078602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100100_0722039001_0713078602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100100_0722039001_0713078602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100100_0722039001_0713078602_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (317kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100100_0722039001_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi adanya kemampuan siswa di sekolah dasar terkait materi pecahan, hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa di mana dari 30 orang siswa 10 di antaranya masih memperoleh nilai di bawah KKM. Kurang pahamnya siswa akan materi pecahan ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan masih belum sesuai dan guru masih belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Adapun bertujuan dati penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran barbasis macromedia flash 8 pada materi pecahan untuk siswa kelas III di SDN Burengan 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pengembangan R&D dengan model penelitian pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan di antaranya, tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Burengan 2 Kota Kediri. Subjek penelitian uji coba terbatas adalah 8 siswa kelas III SDN Burengan 2 Kota Kediri yang dipilih secara acak, adapun subjek penelitian untuk uji coba luas dilakukan pada 22 siswa kelas III SDN Burengan 2 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan tes. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar angket validasi, lembar angket guru dan siswa, soal pre test dan post tes. Teknik analisis data analisis kevalidan produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis keefektifan produk. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa (1) nilai rerata hasil validasi ahli materi dan ahli media adalah 97,5% yang termasuk kategori sangat valid sehingga dapat diartikan dapat digunakan tanpa revisi. (2) nilai rerata hasil respon guru dan siswa adalah 93% menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan oleh guru dan siswa kelas III SD dalam pembelajaran materi pecahan. (3) rerata dari hasil post-test adalah 88,80 dan masuk dalam kategori sangat efektif, atau dapat diartikan bahwa nilai yang diperoleh telah memenuhi kriteria ketuntasan dalam belajar minimal (KKM). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Burengan 2 Kota Kediri pada materi pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Macromedia Flash 8, Pecahan
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nennys Fernanda Dewantari
Last Modified: 22 Feb 2023 09:31
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9018

Actions (login required)

View Item View Item