PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT SWAY MATERI ALAT GERAK HEWAN DAN MANUSIA SISWA KELAS V SDN MRICAN 2 KOTA KEDIRI

Pringgojati, Wisnu and HUNAFI, ABDUL AZIZ and MUJIWATI, ENDANG SRI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT SWAY MATERI ALAT GERAK HEWAN DAN MANUSIA SISWA KELAS V SDN MRICAN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_18101100098....pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100098_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (291kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100098_0704078402_0725076201_01_font_ref.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (273kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100098_0704078402_0725076201_02.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100098_0704078402_0725076201_03.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100098_0704078402_0725076201_04.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100098_0704078402_0725076201_05.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100098_0704078402_0725076201_06_ref.pdf.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (166kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100098_0704078402_0725076201_07_lamp.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi awal di SDN Mrican 2 Kota Kediri yang menunjukkan bahwa pembelajaran IPA pada kompetensi dasar materi alat gerak hewan dan manusia yang ada di kelas V SD, dalam proses belajar mengajar media yang digunakan guru masih kurang menarik karena guru masih menggunakan media gambar dalam penyampaian materi. Hal ini berakibat aktivitas pembelajaran belum berjalan maksimal karena media gambar masih kurang jelas, warna yang kurang menarik dan media gambar yang kurang besar dan jelas. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana kevalidan media interaktif berbasis Microsoft Sway materi Alat Gerak hewan dan manusia siswa kelas V SDN Mrican 2 Kota Kediri? (2) bagaimana keefektifan media interaktif berbasis Microsoft Sway materi alat gerak hewan dan manusia siswa kelas V SDN 2 Kota Kediri? (3) bagaimana kepraktisan media interaktif berbasis Microcoft Sway materi alat gerak hewan dan manusia siswa kelas V SDN Mrican 2 Kota kediri? Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media interaktif berbasis Microsoft Sway materi alat gerak hewan dan manusia. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media interaktif berbasis Microsoft Sway mengacu pada model pengembangan ADDIE yang mencakup 5 tahapan yaitu 1) Tahap Analisis, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Implementasi, 5) Tahap Evaluasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan tes, sedangkan teknik analisis data berupa rumus yang di abdopsi dari akbar. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Hasil validitas media interaktif berbasis Microcoft Sway dinyatakan valid dengan skor 84% untuk validasi materi dan 76% untuk validasi media pembelajaran. Jika dihitung rata-rata perentase sebesar 80% yang artinya valid dan dapat digunakan. (2) Efektif setelah dinyatakan efektif apabila ketuntatas belajar siswa pada pre-test dan post test uji coba terbatas yaitu 79% dan hasil belajar siswa pada pre-test dan post-test pada tahap uji coba luas 86%. (3) Hasil angket kepraktisan diperoleh hasil presentase 90% dinyatakan sangat baik dan hasil respon siswa pada uji coba luas diperoleh 97% dinyatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media interaktif berbasis Microsoft Sway, materi alat gerak hewan dan manusia
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 113 Biology (and general biotechnology)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Wisnu Pringgojati
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:02
Last Modified: 13 Feb 2023 05:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8998

Actions (login required)

View Item View Item