PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS PENINGGALAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA BERBASIS WEBSITE UNTUK SISWA KELAS IV SDN MARON

MUHAMAD, BASORI and KARIMATUS SAIDAH, KARIMATUS SAIDAH and CITRA, ANGGULA SARI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS PENINGGALAN KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA BERBASIS WEBSITE UNTUK SISWA KELAS IV SDN MARON. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100082.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100082_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + Referances)
RAMA_86206_18101100082_0721048003_0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (357kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100082_0721048003_0710039103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100082_0721048003_0710039103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100082_0721048003_0710039103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100082_0721048003_0710039103_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100082_0721048003_0710039103_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100082_0721048003_0710039103_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi dengan mewawancarai guru kelas IV dan melakukan pengamatan pada SDN Maron pada kelas IV ditemukan bahwa guru menggunakan metode ceramah serta guru tidak menggunakan media pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran IPS Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia berbasis website untuk siswa kelas IV?, (2) Bagaimana kevalidan media pembelajaran IPS Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia berbasis website untuk siswa kelas IV SDN Maron?, (3) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran IPS Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia berbasis website untuk siswa kelas IV SDN Maron?, (4) Bagaimana keefektifan media pembelajaran IPS Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia berbasis website untuk siswa kelas IV SDN Maron? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media, untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan produk pengembangan media pembelajaran IPS Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia berbasis website untuk siswa kelas IV SDN Maron. Metode Penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Penelitian ini dikembangkan berdasarkan 5 tahapan model ADDIE yaitu, 1) Tahap Analysis, 2) Tahap Desaign, 3) Tahap Development, 4) Tahap Implementation, 5) Tahap Evaluation. Produk yang dikembangkan yaitu Pengembangan Media Pembelajaran Ips Peninggalan Kerajaan Islam Di Indonesia Berbasis Website Untuk Siswa Kelas Iv Sdn Maron. Media pembelajaran Ips ini sudah divalidasi oleh validasi materi dan validasi media, hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan validasi media memperoleh skor 90%, sedangkan validasi materi memperoleh skor 94%. Sehingga dari dua validasi media dan validasi materi berada pada pada rentang 85% - 100% dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru memperoleh skor 90%, angket respon siswa uji coba terbatas (6 siswa) memperoleh skor 81%, dan angket respon uji coba luas (20 siswa) memperoleh skor 91%, sehingga masuk dalam kriteria Sangat Praktis dan dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis website praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta praktis untuk diterapkan tanpa perbaikan. Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa pengembangan media pembelajaran ips peninggalan kerajaan Islam di Indonesia berbasis website untuk siswa kelas IV SDN MARON memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Berbasis Website, Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Citra Anggula Sari
Last Modified: 12 Feb 2023 08:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item View Item