Wulan Suci Rimadhani, Wulan Suci Rimadhani and KARIMATUS SAIDAH, KARIMATUS SAIDAH and MUHAMAD, BASORI (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Fungsi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan di Kelas Bagi Siswa Kelas 4 SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text
Full Text [WULAN SUCI RIMADHANI_86206_18101100011.pdf] accepted.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
Text
Cover sd Bab 1 + references [ WULAN SUCI RIMADHANI_86206_18101100011_0710039103_0721048003_01_front_ref.pdf] accepted.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
BAB II [WULAN SUCI RIMADHANI_86206_18101100011_0710039103_0721048003_02.pdf] accepted.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (475kB) |
|
Text
BAB III [WULAN SUCI RIMADHANI_86206_18101100011_0710039103_0721048003_03.pdf] accepted.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (604kB) |
|
Text
BAB IV [WULAN SUCI RIMADHANI_86206_18101100011_0710039103_0721048003_04.pdf] accepted.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (890kB) |
|
Text
BAB V [WULAN SUCI RIMADHANI_86206_18101100011_0710039103_0721048003_05.pdf] accepted.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (302kB) |
|
Text
References [ WULAN SUCI RIMADHANI_86206_18101100011_0710039103_0721048003_06_Ref.pdf] bibliography.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (419kB) |
|
Text
Lampiran [WULAN SUCI RIMADHANI_86206_18101100011_0710039103_0721048003_07_Lamp.pdf] accepted.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
|
Text
Similarity [WULAN SUCI RIMADHANI_86206_18101100011_SIMILARITY.pdf] accepted.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (634kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kurangnya antusias dalam proses pembelajaran dikarenakan media pembelajaran yang membosankan dan bahkan tidak menggunakan media. Kebanyakan siswa bosan dengan media pembelajaran yang hanya itu-itu saja seperti media gambar, video, dan media papan tempel yang membuat siswa bosan. ada sekolah dasar yang tidak menggunakan media melainkan sekolah hanya menjelaskan materi dengan ceramah saja yang menjadikan siswa merasa sangat bosan dan jenuh. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran Monopoli pada Materi fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SDN Sanggrahan 2 Prambon Nganjuk 2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran Monopoli pada materi fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SDN Sanggrahan 2 Prambon Nganjuk 3) Bagaimanakah keefektifan media pembelajaran Monopoli pada materi fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SDN Sanggrahan 2 Prambon Nganjuk Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada penelitian dan pengembangan. Menurut Robert Maribe Branch (2009) dalam Sugiyono (2015: 38) “ADDIE merupakan perpanjangan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation”. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, angket validasi ahli materi dan angket validasi ahli. media, angket respon guru, angket respon siswa, pre-test dan post-test. implementasi media pembelajaran monopoli dilaksanakan uji coba, uji coba penelitian dilaksanakan di SDN Sanggrahan 2 Prambon. Hasil penelitian media pembelajaran Monopoli pada materi fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SDN Sanggrahan 2 Prambon melakukan uji kevalidan oleh ahli media dan materi, uji validasi materi dilakukan 2 tahap yang pertama uji validasi oleh materi dengan skor 77% yang artinya masuk kriteria Valid. yang kedua uji validasi dengan skor 97 % artinya masuk kriteria Sangat Valid. untuk hasil uji validasi oleh media pembelajaran dilakukan 2 tahap, yang pertama uji validasi oleh media dengan skor 86,25 % artinya masuk kriteria Sangat Valid, yang kedua uji validasi oleh media dengan skor 88,75%. uji kepraktisan di validasikan oleh guru dan siswa, hasil uji kepraktisan oleh Angket Respon Guru mendapatkan skor 77,78% artinya masuk kriteria praktis dan mudah digunakan. Hasil uji keefektifan dilakukan dengan adanya pre-test dan post-tes, dinyatakan Sangat Efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelidiki fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan. Dibuktikan dengan pencapaian KKM ≥70 soal Post-test 100 % siswa yang mampu mencapai KKM. KATA KUNCI : Kevalidan, Kepraktisan, dan Keefektifan Media Pmebelajaran Monopoli
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 110 Natural sciences 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Wulansuci Rimadhani |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 03:26 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 03:26 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8974 |
Actions (login required)
View Item |