PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP MENGGUNAKAN BARCODE MATERI EKOSISTEM DAN JARING-JARING MAKANAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Retno Laely Puspita sari, Retno Laely and ITA KURNIA, ITA KURNIA and FARIDA NURLAILA ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP MENGGUNAKAN BARCODE MATERI EKOSISTEM DAN JARING-JARING MAKANAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100131_0701128306_0730098803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100131_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100131_0701128306_0730098803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100131_0701128306_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100131_0701128306_0730098803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100131_0701128306_0730098803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100131_0701128306_0730098803_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (418kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100131_0701128306_0730098803_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100131.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Sukorame 2, yaitu dalam kegiatan belajar mengajar guru khususnya pada mata pembelajaran IPA materi hubungan antara komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan hanya menggunakan metode pembelajaran, berupa ceramah, diskusi, tanya jawab dan kurang sesuainya media pembelajaran guru dalam materi pelajaran.Selain itu saat menejelaskan materi guru bersifat monoton sehingga siswa menjadi mengantuk, bosan, bahkan dapat menurunkan hasil belajar siswa, siswa yang kurang mengerti materi pembelajaran. Rumusan masalah yang dikembangkan yaitu bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada media pop-up pada pembelajaran IPA materi hubungan antara ekosistem dan jaring-jaring kelas V SDN Sukorame 2Kota Kediri.Penelitian ini mengunakan metode penelitian Research and Developmen (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Sukorame 2Kota Kediri. Instrument yang digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui kevalidan Media pop-up menggunakan barcode, materi pada media pop-up menggunakan barcode, respon guru dan siswa. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahaui efektifitas media pop-up menggunakan barcode. Hasil dari penelitian pengembangan media pop-up menggunakan barcode adalah sebagai berikut: (1) Hasil validitas media pop-up menggunakan barcodedi dapatkan presentase 88,1%. sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. (2) Hasil post-test pada uji coba terbatas untuki media pop-up menggunakan barcodedi dapatkan presentaseketuntasan klasikal sebesar 80% dan uji coba luas sebesar 76,9%masuk dalam kriteria sangat efektif.(3) Hasil respon guru pada media pop-up menggunakan barcodediuji coba terbatasdidapatkan persentasesebesar 90,9%dan uji luas sebesar 92,7%. Respon siswapada uji coba terbatas didapatkan persentase sebesar96,8% dan uji coba luas sebesar 95,6%. Dinyatakan sangat efektif dapat digunakan tanpa perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pop-up, Ekosistem dan Jaring-Jaring Makanan.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 110 Natural sciences
660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Retno Laely Puspita Sari
Date Deposited: 20 Feb 2023 23:08
Last Modified: 20 Feb 2023 23:08
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8972

Actions (login required)

View Item View Item