PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL 3D MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA KABUPATEN KEDIRI

Prasetya, Singgih Dwi and MUJIWATI, ENDANG SRI and PUTRI, KHARISMA EKA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL 3D MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100108.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100108_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (166kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100108_0725076201_0719109101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100108_0725076201_0719109101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100108_0725076201_0719109101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100108_0725076201_0719109101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100108_0725076201_0719109101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100108_0725076201_0719109101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (307kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100108_0725076201_0719109101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V MI Miftahul Huda. Berdasarkan hasil wawancara guru kelas V diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa belum dapat mencapai KKM pada materi organ pencernaan manusia. Dari hasil pengamatan hal tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan media selama kegiatan belajar mengajar. Ditambah lagi guru belum mampu mengembangkan media yang sesuai dengan cara berfikir siswa kelas V yaitu tahap operasional konkrit, yang dimana siswa lebih antusias terhadap apa yang dilihat dari pada apa yang didengarkan. Berdasarkan latar belakang tersebut muncul beberapa rumusan masalah, antara lain : (1) Bagaimana validitas media pembelajaran visual 3D untuk materi organ pencernaan dan fungsinya pada manusia di kelas V? (2) Bagaimana efektivitas media pembelajaran visual 3D untuk materi organ pencernaan dan fungsinya pada manusia di kelas V? (3) Bagaimana respon guru terhadap media pembelajaran visual 3D untuk materi organ pencernaan dan fungsinya pada manusia di kelas V? Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan lima langkah model pengembangan ADDIE, yaitu 1) analyze (tahap analisis), 2) design (tahap perancangan), 3) development (tahap pengembangan), 4) implementation (tahap penerapan), dan 5) evaluation (tahap evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi media dan angket validasi materi untuk menguji kevalidan media, tes untuk menentukan keefektifan media, dan angket respon guru untuk menentukan tanggapan guru terhadap media. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Simpulan penelitian adalah: (1) Media visual 3D organ pencernaan manusia dinyatakan valid karena hasil rekapitulasi validitas ahli media serta ahli materi dan perangkat pembelajaran memperoleh presentase skor 91.50%, (2) Media visual 3D organ pencernaan manusia dikatakan efektif, karena hasil ketuntasan belajar siswa pada post-test uji coba terbatas memperoleh presentase 84,8% dan post-test uji coba luas memperoleh presentase ketuntasan 85,2%, dan (3) Media visual 3D organ pencernaan manusia sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran, karena mendapatkan presentase skor dari respon guru sebesar 84%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, visual 3D, ADDIE, pencernaan manusia, kelas V
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Singgih Dwi Prasetya
Date Deposited: 13 Feb 2023 05:27
Last Modified: 13 Feb 2023 06:09
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8921

Actions (login required)

View Item View Item