Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui Media Bungkus Snack pada Anak Kelompok Bermain Pelita Hati

Mahzuna, Elvyana La'alil and RIDWAN, RIDWAN and KHAN, ROSA IMANI Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui Media Bungkus Snack pada Anak Kelompok Bermain Pelita Hati. tulis_nama_jurnal.

[img] Text
Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui Media Bungkus Snack pada Anak Kelompok Bermain Pelita Hati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini dihasilkan dari pengamatan dan pengetahuan peneliti, bahwasanyya kemampuan mengenal huruf abjad anak didik masih minim. Keaktifan anak pada proses pembelajaran mengenal huruf abjad juga masih kurang. Minimnya keaktifan anak dalam reaksi pembelajaran ini sangat berakibat terhadap rangakaian dan hasil belajar anak didik. Cara pembelajaran yang selama ini program oleh guru kurang efektif untuk menarik bakat minat anak, maka dalam proses pembelajaran anak merasa jenuh. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad menggunakan media bungkus snack pada anak didik kelompok B KB Pelita Hati Desa Sidem Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023. Pada penelitian ini melaksanakan metode pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 12 anak didik kelompok B KB Pelita Hati Desa Sidem Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023, yang meliputi 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa lembar penilaian unjuk kerja anak & lembar observasi guru dalam kegiatan pembelajaran. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Ikhtisar dari kesimpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran melalui media bungkus snack efektif dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak didik kelompok B KB Pelita Hati Desa Sidem Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023. Persentase ketuntasan belajar pada Siklus I sebesar 58,3% kemudian naik menjadi 75% pada Siklus II.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rosa Imani Khan
Date Deposited: 22 Mar 2023 10:30
Last Modified: 22 Mar 2023 10:30
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8838

Actions (login required)

View Item View Item