UTOMO, HANGGARA BUDI (2022) Paradigma Baru Perangkat Pembelajaran PAUD dengan Projek. In: Perencanaan Pembelajaran Kreatif Untuk Anak Usia Dini (Kajian Teoritis Dan Praktis). WIDINA BHAKTI PERSADA, Bandung, pp. 112-126. ISBN 978-623-459-142-2
Text (Surat Tugas)
Surat Tugas Book Chapter.pdf Download (238kB) |
|
Text (Book Chapter)
BC-Perencanaan Pembelajaran Kreatif - Projek.pdf Download (2MB) |
|
Text (Uji Plagiasi)
Uji Plagiasi Paradigma Baru Perangkat Pembelajaran PAUD dengan Projek.pdf Download (1MB) |
|
Text (Peer Review Perencanaan Pembelajaran-Hanggara)
Peer Review BC Perencanaan Pemblj.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perangkat pembelajaran projek pada pendidikan anak usia dini dengan konsep pembelajaran paradigma baru dapat diidentifikasi dari berbagai aspek. Pendidik dalam jenjang PAUD dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis projek secara holistik dengan optimalisasi keterampilan baru anak melalui kegiatan bekerja sama, komunikasi, dan kolaborasi dengan anak-anak lainnya. Pendidik dapat menggunakan perangkat pembelajaran dengan projek dengan mempertimbangkan prinsip pengembangan yang berfokus pada dimensi profil pelajar Pancasila. Selain itu, pembelajaran berbasis projek yang dilakukan perlu diakhiri dengan kegiatan yang bermakna, yaitu adanya refleksi tindak lanjut sebagai implikasi dari kegiatan projek secara keseluruhan. Implikasi psikologis dari implementasi perangkat pembelajaran berbasis projek adalah perlu adanya dukungan yang kuat dari sekolah dan masyarakat untuk guru supaya dapat mengembangkan kompetensi profesionalnya lebih baik, terutama melakukan pembelajaran dengan pendekatan projek.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 794 PGTK and PAUD 710 Education science > 801 Early childhood education programs |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Hanggara Budi Utomo |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 05:32 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 10:19 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7364 |
Actions (login required)
View Item |