STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI TARI PAYUNG GEMBIRA

Yuliana, Tri and NUGROHO, ISFAUZI HADI and SARI, AYU TITIS RUKMANA (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI TARI PAYUNG GEMBIRA. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6 (2). pp. 129-145. ISSN 2528083x

[img] Text
Strategi Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun melalui Tari Payung Gembira.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Uji Plagiasi)
RAMA_86207_16101110013_SIMILARITY.pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Referensi)
RAMA_86207_16101110013_0701038303_0719128803_06.pdf

Download (546kB)
[img] Text
peer review strategi pengembangan kemampuan motorik kasar anak Ayu.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/selin...

Abstract

Kemampuan bergerak dan bermain seorang anak memerlukan keterampilan motorik kasar. Akan tetapi, kemampuan motorik kasar yang rendah pada anak dikarenakan anak rata-rata kurang mampu untuk mengkoordinasikan gerakan tangan dan kaki dengan sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan strategi dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun dengan tari payung gembira. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan konseptual. Literatur-literatur yang digunakan memiliki relevansi yang baik terhadap topik penelitian ini. Hasilnya, peran guru sebagai pendidik merupakan dasar dari keberhasilan berkembangnya motorik kasar anak di sekolah, dimulai dari memperkenalkan, mencontohkan, memberikan motivasi, mengarahkan, mengevaluasi hingga melombakan kegiatan tari payung gembira tersebut. Disarankan, untuk guru sebaiknya dalam mengawal proses pembelajaran tari payung gembira menggunakan waktu yang lebih lama hingga tercapainya motorik kasar yang berkembang pada anak usia dini serta dapat dimasukkan ke dalam kurikulum dan kebijakan sekolah. Untuk penelitian lanjutan, sebaiknya menggali lebih dalam praktik tari payung gembira dengan berbagai eksperimen sehingga diperoleh data yang lebih beragam serta nama tari payung gembira dapat dikenal masyarakat luas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi, kemampuan motorik kasar, tari payung gembira
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Tri Yuliana
Date Deposited: 24 Aug 2020 08:20
Last Modified: 06 Jan 2022 03:47
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item