PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOKER DALAM (MOCKUP SUMBER DAYA ALAM) MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Novita, Erliana and IMRON, ILMAWATI FAHMI and MUJIWATI, ENDANG SRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOKER DALAM (MOCKUP SUMBER DAYA ALAM) MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100021.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100021_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (256kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100021_0710128902_0725076201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (945kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100021_0710128902_0725076201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (455kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100021_0710128902_0725076201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (464kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100021_0710128902_0725076201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (755kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100021_0710128902_0725076201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100021_0710128902_0725076201_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100021_0710128902_0725076201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)

Abstract

Pada hasil observasi siswa kelas IV SDN 1 Karangtengah, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek materi sumber daya alam menggunakan media yang sangat minim. Media tidak digunakan pada saat pembelajaran sehingga pada saat pembelajaran IPS materi sumber daya alam siswa merasa bosan dan dampaknya ada 50% siswa hasil nilai ulangan < 70 dari KKM yang telah ditentukan. Oleh karena itu diperlukannya pengembangan media pembelajaran yang menarik, inovatif, yang dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan umum dari penelitian ini untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran Moker Dalam (Mockup Sumber Daya Alam) materi sumber daya alam. Tujuan khusu dari penelitian ini yaitu (1) kevalidan produk pengembangan, (2) keefektifan produk pengembangan, (3) respon guru dan siswa terhadap produk pengembangan. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE terdiri atas lima tahapan yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Prosedur dalam penelitian ini meliputi (1) analisis kinerja dan kebutuhan, (2) merancang desain media, (3) mengembangakn media, (4) mengimplementasikan atau menerapkan media, (5) evaluasi akhir terhadap media yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Karangtengah, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analis data yang digunakan berupa skala likert. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran Moker Dalam (Mockup Sumber Daya Alam) sebagai berikut. (1) medi pembelajaran Moker Dalam (Mockup Sumber Daya Alam) dinyatakan sangat valid dan baik digunakan dengan presentase skor dari validasi konstruksi mediasebesar 87% dan validasi materi dalam media memperoleh skor 90%, (2) keefektifan media pembelajaran Moker Dalam (Mockup Sumber Daya Alam) pada uji terbatas memperoleh skor 88% dan pada uji coba luas memperoleh skor 90%. (3)hasil respon guru terhadap media pembelajaran Moker Dalam (Mockup Sumber Daya Alam) sebesar 91% dan siswa 98,5%. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Moker Dalam (Mockup Sumber Daya Alam) dapat dikatakan sangat valid, sangat efektif dan baik digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keyword
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Erliana Novita
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:55
Last Modified: 18 Aug 2022 01:55
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6082

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item