PERANAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN MATERI PANJANG, BERAT, DAN WAKTU DALAM SATUAN BAKU KELAS II SEKOLAH DASAR

Paulina, Sela and MUJIWATI, ENDANG SRI and DAMAYANTI, SUSI (2020) PERANAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN MATERI PANJANG, BERAT, DAN WAKTU DALAM SATUAN BAKU KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_16101100043.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100043_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100043_0725076201_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100043_0725076201_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran digunakan oleh guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Model problem based learning adalah model pembelajaran yang menyajikan permasalahan faktual sehari-hari sehingga mendorong siswa untu berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peranan model problem based learning pada aspek 1. materi luas bidang, 2. materi operasi hitung campuran, 3. kemampuan berfikir kritis, 4. kemampuan komunikasi matematis, 5. kemampuan berfikir kritis. Metode pada artikel ini adalah meta analisis dengan sampel lima artikel pada jurnal nasional. Perhitungan effect size pada lima artikel yang dianalisis memberikan hasil yang berbeda. Hasil analisis menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh dalam pembelajaran matematika. Model ini tepat diterapkan pada kelas rendah dan kelas tinggi di sekolah dasar. Kesesuaian model problem based learning dengan materi dan media pembelajaran yang digunakan sangat berperan dalam pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa. Selain itu, model problem based learning juga mendorong siswa untuk berfikir kritis, memecahkan masalah, dan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model problem based learning, meta analisis, effect size
Subjects: 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Sela Paulina
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:55
Last Modified: 24 Aug 2020 05:55
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item