PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PROGRAM LINEAR BERBASIS POLYA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRETES GALENUS

Nisa, Indah Khoirun and SULISTIYONO, BAMBANG AGUS and SAMIJO, SAMIJO (2022) PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PROGRAM LINEAR BERBASIS POLYA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRETES GALENUS. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_84202_18101050015.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_18101050015_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (380kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_18101050015_0713087101_0705096503_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_18101050015_0713087101_0705096503_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_18101050015_0713087101_0705096503_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_18101050015_0713087101_0705096503_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_18101050015_0713087101_0705096503_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_18101050015_0713087101_0705096503_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (168kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_18101050015_0713087101_0705096503_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Proses berpikir kritis sudah dimiliki oleh setiap peserta didik, namun kadar dari berpikir kritis tersebut berbeda, proses berpikir dalam menyelesaikan permasalahan matematika dipengaruhi oleh perbedaan karakteristik kepribadian yang dimiliki peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir kritis setiap siswa berbasis Polya ditinjau dari tipe kepribadian menurut Hippocretes Galenus, yaitu tipe kepribadian koleris, melankolis, pleghmatis, dan sanguinis. Salah satu materi yang dihadapi peserta didik dan harus berpikir kritis untuk memecahkan masalahnya adalah program linear. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan maka peneliti melakukan pengambilan data sebanyak 2 kali, untuk masuk tahap proses analisis data. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses berpikir setiap siswa berbeda – beda ditinjau dari masing – masing tipe kepribadian. 1) Ditinjau dari subjek bertipe kepribadian melankolis, proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika program linear berbasis Polya yaitu melakukan langkah-langkah pemecahan masalah dengan runtut dan jelas, subjek tidak mampu memenuhi untuk langkah kedua menuliskan rencana penyelesaian, 2) Ditinjau dari subjek bertipe kepribadian koleris, proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika program linear berbasis Polya yaitu subjek tidak mampu melakukan langkah – langkah pemecahan masalah, subjek tidak mampu menemukan jawaban yang tepat. 3) Ditinjau dari subjek bertipe kepribadian pleghmatis, proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika program linear berbasis Polya yaitu, subjek mampu melaksanakan langkah – langkah pemecahan masalah berbasis Polya dengan runtut dan jelas serta jawaban yang tepat, 4) Ditinjau dari subjek bertipe kepribadian sanguinis, proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika program linear berbasis Polya yaitu, subjek mampu melaksanakan pemecahan masalah berbasis polya dengan runtut dan jelas, tetapi tidak pada langkah menuliskan rencana penyelesaian. Untuk peneliti lanjutan diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan memperhatikan kesesuaian peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir Kritis, Polya, Program Linear, Hippocretes Galenus
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 124 Other areas of mathematics that have not been listed
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Indah Khoirun Nisa
Date Deposited: 16 Aug 2022 05:28
Last Modified: 16 Aug 2022 05:28
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5802

Actions (login required)

View Item View Item