PENGEMBANGAN MODUL BELAJAR IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING PADA MATERI SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA BUMI UNTUK SISWA KELAS V SDN MOJOROTO 4 KOTA KEDIRI

Kristanti, Aneke Ayu Puji and WIGUNA, FRANS ADITIA and SANTI, NOVI NITYA (2022) PENGEMBANGAN MODUL BELAJAR IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING PADA MATERI SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA BUMI UNTUK SISWA KELAS V SDN MOJOROTO 4 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_18.1.01.10.0058.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18.1.01.10.0058_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (258kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18.1.01.10.0058_0719048206_0714118403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (457kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18.1.01.10.0058_0719048206_0714118403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18.1.01.10.0058_0719048206_0714118403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18.1.01.10.0058_0719048206_0714118403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18.1.01.10.0058_0719048206_0714118403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18.1.01.10.0058_0719048206_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (137kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18.1.01.10.0058_0719048206_0714118403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Aneke Ayu Puji Kristanti: Pengembangan Modul Belajar IPA Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Materi Siklus Air Untuk Siswa Kelas V SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Kata Kunci: Modul Belajar. IPA, Siklus Air dan dampaknya pada Bumi serta Keberlangsungan Makhluk Hidup. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Diketahui bahwa siswa kelas V kurang bisa menjelaskan tahapan dalam siklus air secara urut. Hal ini dapat terjadi dikarenakan referensi buku lain yang digunakan, guru cenderung menggunakan buku dari penerbit tertentu, ruang kelas juga sering ditinggal-tinggal dalam keadaan siswa yang diberi soal tanya jawab. Rumusan masalah (1) Bagaimana kevalidan modul IPA pada materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi? (2) Bagaimana keefektifan dari modul IPA pada materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi? (3) Bagaimana kepraktis dari modul IPA pada materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi? Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: (1) mendeskripsikan kevalidan modul belajar IPA terkait siklus air (2) mendeskripsikan keefektifan dari modul belajar IPA terkait siklus air pada siswa kelas V (3) mendeskripsikan kepraktisan modul belajar IPA tentang siklus air dan dampaknya pada bumi untuk kelas V SD. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analyze (analisis), (2) Design (perencanaan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (Implementasi) dan (5) Evaluation (Evaluasi). Pada model pengembangan ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa kategori validitas, kepraktisan, keefektifan. Modul belajar IPA ini sudah melakukan validasi ahli media materi, dan hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan. Persentase yang didapat pada ahli materi sebesar 82% Sedangkan persentase untuk media sebesar 84% dengan kesimpulan bahwa modul dapat digunakan tanpa adanya perbaikan. Hasil uji keefektifan mean diperoleh sebesar 87,72%. Rata-rata ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa melalui soal pre-test dan post-test rata-rata sebesar 74,09 dan 87,72.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ubuntu Enterprice Cloud, Private Cloud Computing, Webserver
Subjects: 710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Aneke Ayu Puji Kristanti
Date Deposited: 17 Aug 2022 11:55
Last Modified: 17 Aug 2022 11:55
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5785

Actions (login required)

View Item View Item