UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI PADA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Bantaika, Ofir Hawila and SAMIJO, SAMIJO and YOHANIE, DIAN DEVITA (2022) UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI PADA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_18101050013.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_18101050013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (469kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + Refereces)
RAMA_84202_18101050013_0705096503_0717127601_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (843kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_18101050013_0705096503_0717127601_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_18101050013_0705096503_0717127601_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_18101050013_0705096503_0717127601_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_18101050013_0705096503_0717127601_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_18101050013_0705096503_0717127601_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (313kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_18101050013_0705096503_0717127601_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dilatarbelakangi hasil tes bahwa kemampuan berpikir kreatif materi perbandingan trigonometri siswa kelas XI belum tergali, hal ini bisa dilihat pada hasil tes pendahuluan yang menunjukkan bahwa siswa yang memiliki nilai tuntas (≥ 70) untuk tes kemampuan berpikir kreatif di bawah 75%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Aktivitas guru dalam pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi perbandingan trigonometri. 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi perbandingan trigonometri. 3) Peningkatan ketrampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI pada materi perbandingan trigonometri melalui pembelajaran berbasis problem based learning (PBL). Pendekatan menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Populasi dan sampel yang diambil adalah seluruh kelas XI SMK PGRI 3 sebanyak 21 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa: 1) Aktivitas guru dalam pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi perbandingan trigonometri, kategori baik dengan skor aktivitas sebesar 75. 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi perbandingan trigonometri, kategori sangat baik dengan skor aktivitas sebesar 87,5. 3) Ada peningkatan ketrampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI pada materi perbandingan trigonometri melalui pembelajaran berbasis problem based learning (PBL). Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 10,542 ≥ ttabel 2,086 dengan sig.(2-tailed) = 0,000<0,05 pada taraf signifikan 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dengan hasil perolehan nilai pretest sebesar 58,67 meningkat pada nilai postest sebesar 79,3. Diharapkan bagi guru hendaknya selalu berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan aktif membaca literatur serta menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dapat terjadi peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan berpikir tingkat tinggi, Trigonometri, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Ofir Hawila Bantaika
Date Deposited: 16 Aug 2022 05:32
Last Modified: 16 Aug 2022 05:32
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5598

Actions (login required)

View Item View Item