PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA SMK NEGERI 2 KEDIRI PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN

Hamidah, Roimatul and IRMAYANTI, ELIS and AFANDI, TJETJEP YUSUF (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA SMK NEGERI 2 KEDIRI PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_87203_18101040001.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87203_18101040001_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_18101040001_0006016701_0005086802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87203_18101040001_0006016701_0005086802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87203_18101040001_0006016701_0005086802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87203_18101040001_0006016701_0005086802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87203_18101040001_0006016701_0005086802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87203_18101040001_0006016701_0005086802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (227kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87203_18101040001_0006016701_0005086802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah perubahan metode pembelajaran dari luring menjadi daring yang disebabkan oleh kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh di SMK Negeri 2 Kediri. Banyak permasalahan yang dihadapi siswa ketika menghadapi perubahan pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran e-learning dengan menggunakan google classroom terhadap hasil belajar. (2) pengaruh pembelajaran e-learning dengan menggunakan google meet terhadap hasil belajar. (3) adakah perbedaan rata-rata tingkat hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan google classroom dan google meet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pra-eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI AKL 3 yang dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, dan uji hipotesis. Hasil analisis uji t google classroom diperoleh nilai sig < 0,05 yaitu 0,029 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh google classroom terhadap hasil belajar siswa, dan hasil uji t google meet diperoleh nilai sig < 0,05 yaitu 0,049 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh google meet terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk uji independent sample t test didapat nilai sig < 0,05 yaitu sebesar 0,003, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan google classroom dan google meet. Kesimpulan hasil penelitian dengan menggunakan program SPSS 23 menunjukkan bahwa (1) penggunaan google classroom berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa. (2) penggunaan google meet berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar siswa. (3) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan google classroom dan google meet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Google Meet, Hasil Belajar
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 723 Economic education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Roimatul Hamidah
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 19 Aug 2022 04:29
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item View Item