Perancangan Game Kognitif Anak Usia Dini Berbasis Android

Mustaqim, Muhammad Ilham and WIDODO, DANANG WAHYU and KASIH, PATMI (2022) Perancangan Game Kognitif Anak Usia Dini Berbasis Android. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_55201_18103020077.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_18103020077_0720117501_0701107802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (430kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_55201_18103020077_0720117501_0701107802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_55201_18103020077_0720117501_0701107802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_55201_18103020077_0720117501_0701107802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_55201_18103020077_0720117501_0701107802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_55201_18103020077_0720117501_0701107802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (66kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_18103020077_0720117501_0701107802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pandemi Covid-19 memberikan dampak yang begitu besar terhadap penyelenggaraan pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap guru ketika melaksanakan pembelajaran sehingga menghambat kegiatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan kurikulum yang ada. Metode dalam penelitian ini adalah model waterfall yaitu teknik pendekatan yang berupa sistematis atau berurutan. Serta pengujian game edukasi menggunakan black box dan beta testing pengujian yang dilakukan secara langsung ke pelajar TK Aisyiyah Bustanul Athfal Mungkung Kabupaten Nganjuk dengan kuesioner kelayakan game yang dikembangkan. Dalam pengembangan game ini algortima yang digunakan adalah Fisher-Yates Shuffle, Dimana algoritma ini digunakan dalam pemanggilan soal secara acak, sistem ini digunakan karena agar quiz yang dikerjakan user bisa berubah-ubah ketika user akan mengulangi mengerjakan quiz tersebut. Pentingnya penelitian ini dilakukan karena kegiatan pembelajaran selama pandemi kurang interaktif yang hanya dilakukan dengan video call atau zoom dan sekedar guru memberikan tugas rumah sehingga menjadikan nilai anak menurun terutama di aspek kognitif. Diharapkan dengan adanya penelitian dapat membantu anak usia dini dalam melaksanakan pembelajaran selama pandemi tetap interaktif dan sesuai kurikulum yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fisher-Yates Shuffle, Game Edukasi, Interaktif, Kognitif, Pandemi
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
410 Engineering science > 461 Information systems
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Mr Muhammad Ilham Mustaqim
Date Deposited: 20 Aug 2022 07:49
Last Modified: 20 Aug 2022 07:49
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5355

Actions (login required)

View Item View Item