PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA KELAS V SD NEGERI 2 GETAS KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK

Andrian, Moh. Nashir and AKA, KUKUH ANDRI and MUKMIN, BAGUS AMIRUL (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA KELAS V SD NEGERI 2 GETAS KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_18101100120.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100120_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (304kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100120_0713118901_0710059001_01_Front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (999kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100120_0713118901_0710059001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100120_0713118901_0710059001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100120_0713118901_0710059001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100120_0713118901_0710059001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100120_0713118901_0710059001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (220kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100120_0713118901_0710059001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi di SD Negeri 2 Getas kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Masalah dasar yang dihadapi dalam pembelajaran IPA materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya kelas V. Guru belum mengunakan sebuah alat bantu mengajar atau media pembelajaran dalam proses mengajar di kelas, tetapi hanya mengunakan buku ajar yang ada di sekolah. Saat proses pembelajaran di kelas, guru hanya menjelaskan materi dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang hanya secara verbal dan terpacu pada buku teks. Kondisi tersebut menyebabkan siswa menjadi cenderung kurang aktif dengan kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kevalidan pengembangan media pop up book pada pembelajaran IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas V SD Negeri 2 Getas Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk (2) untuk mengetahui kepraktisan pengembangan media pop up book pada pembelajaran IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas V SD Negeri 2 Getas Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. (3) untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pop up book pada pembelajaran IPA materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas V SD Negeri 2 Getas Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Develoment) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Getas sedangkan instrumen pengumpulan data ini berupa observasi, angket dan soal tes lalu validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kesimpulan pengembangan media ini yaitu (1) Kevalidan media pop up book memperoleh dari ahli media yaitu 88% dan ahli materi 86% kategori sangat valid dan layak digunakan dalam penelitian. (2) Kepraktisan media pop up book dari respon guru memperoleh 94% yang dapat respon positif dan sangat setuju untuk digunakan penelitian. Begitupun respon siswa saat uji coba terbatas dan luas dapat 91% dan 97% respon baik terhadap media. (3) Keefektifan media pop up book dalam ketuntasan pembelajaran secara klasikal pada saat uji coba terbatas dan luas masuk kategori sangat efektif dengan memperoleh 80% dan 100% tuntas dalam soal posttes. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa media pop up book yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran. Saran penelitian ini, direkomendasikan. (1) untuk guru, media pop up book ini dapat dijadikan sebagai media untuk membantu guru dalam mengajar dalam proses pembelajaran di kelas agar lebih mudah mengarahkan siswa dalam menyampaikan materi kepada siswa dan (2) untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya agar mendesain beserta menambahkan game yang lebih variasi dan kreatif, dengan bahan-bahan yang berbeda agar menjadi sebuah nilai tambah tersendiri dalam bidang pendidikan dengan pengembangan yang lebih bagus lagi dan berbeda dari yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Pop Up Book
Subjects: 660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Moh. Nashir Andrian
Date Deposited: 14 Aug 2022 12:07
Last Modified: 14 Aug 2022 12:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item