Pengabdian Masyarakat Penerapan Dukungan Psikologis untuk Meningkatkan Perubahan Positif Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring

RATNAWATI, VIVI and UTOMO, HANGGARA BUDI and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and ARIYANTO, RESTU DWI and WULANSARI, WIDI (2021) Pengabdian Masyarakat Penerapan Dukungan Psikologis untuk Meningkatkan Perubahan Positif Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. JURPIKAT(Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2 (1). pp. 66-76. ISSN 2746-0398

[img] Text (Article)
Pengabdian Masyarakat Penerapan Dukungan Psikologis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Uji Plagiasi)
Pengabdian Masyarakat Penerapan Dukungan Psikologis untuk Meningkatkan Perubahan Positif Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Peer review_Hanggara)
Peer Review Dukungan Psikologis_Hanggara.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Peer review_Vivi Ratnawati)
6_Peer Review Pengabdian Masyarakat Penerapan Dukungan.pdf

Download (987kB)
Official URL: https://jurnal.politeknik-kebumen.ac.id/jurpikat/a...

Abstract

Mayoritas mahasiswa ketika dalam pembelajaran daring mengalami masalah psikologis, antara lain: stres karena banyaknya tugas, adanya penyesuaian diri yang kurang, beban pikiran yang besar, dan adanya ketidakberdayaan dalam diri mahasiswa. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan psikologis agar mahasiswa dapat optimis, realistis, berpengharapan, dan mencapai target yang diinginkan selama proses pembelajaran. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberi informasi langkah-langkah dukungan psikologis kepada mahasiswa supaya mahasiswa dapat menjalani pembelajaran daring dengan baik. Khalayak sasaran pada kegiatan ini adalah mahasiswa sebanyak 92 peserta, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, serta diskusi yang dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa hampir 50 persen mahasiswa memahami konsep informasi dukungan psikologis selama pembelajaran dengan baik. Materi tentang “HORE” yang dikenal dengan konsep modal psikologis sebagai dukungan psikologis sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk melakukan perubahan positif dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 795 Educational psychology
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Hanggara Budi Utomo
Date Deposited: 07 Jul 2022 12:58
Last Modified: 29 Mar 2023 06:15
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4765

Actions (login required)

View Item View Item