PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN CERGAM PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 UNTUK SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 2 KOTA KEDIRI

AISYAH, SITI NUR and DAMAYANTI, SUSI and PERMANA, ERWIN PUTERA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN CERGAM PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 UNTUK SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100128.pdf - Accepted Version

Download (49MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100128_SIMILARITY.pdf - Accepted Version

Download (36kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100128_0723117802_0706126701_01_front_ref.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100128_0723117802_0706126701_02.pdf - Accepted Version

Download (190kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100128_0723117802_0706126701_03.pdf - Accepted Version

Download (837kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100128_0723117802_0706126701_04.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100128_0723117802_0706126701_05.pdf - Accepted Version

Download (98kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100128_0723117802_0706126701_06_ref.pdf

Download (236kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100128_0723117802_0706126701_07_lamp.pdf - Accepted Version

Download (45MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang permasalahan pada SDN Sukorame 2 Kota Kediri, pada kelas IV bahwa guru hanya menggunakan buku tematik dan PPT sederhana yang keduanya hanya memuat tulisan untuk menjelaskan materi, materi dalam buku siswa terbatas, dan kurang relevan dengan keadaan siswa, kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran karena metode mengajar guru yang hanya satu arah, bahan ajar yang belum dikembangkan. Solusi penelitian ini yaitu peneliti mengembangkan bahan ajar bermuatan cergam pada tema 7 subtema 1 untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar bermuatan cergam pada tema 7 subtema 1 untuk siswa kelas IV sekolah dasar Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu: 1) analisis (analysis), 2) desain (design), 3) pengembangan (development), 4) penerapan (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV A dan IV B SDN Sukorame 2 Kota Kediri sebanyak 43 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua tahap uji coba yaitu, uji coba terbatas dilakukan oleh 15 siswa dan uji coba luas dilakukan oleh 28 siswa. Hasil dari penelitian bahwa validasi ahli bahan ajar dan materi dengan mendapatkan rata-rata skor 4,37. Sedangkan untuk validasi bahasa, mendapatkan rata-rata skor 4,46, keduanya terletak pada kategori validitas rata-rata skor > 4,21, sehingga bahan ajar sangat valid artinya sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan didapat dari respon guru dengan mendapatkan persentase 92% dan dari respon siswa mendapatkan persentase 94 % terletak pada rentang 86% - 100%, sehingga bahan ajar sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi. Keefektifan didapatkan dari ketuntasan belajar klasikal sebesar 89 %, dengan presentase ≥ 80% sehingga bahan ajar sangat efektif artinya sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran. Setelah dinyatakan sangat valid, maka bahan ajar yang dikembangkan dapat diujicobakan di SDN Sukorame 2 Kota Kediri Setelah dinyatakan sangat praktis maka bahan ajar yang dikembangkan dapat dihibahkan ke sekolah yang telah diteliti yaitu SDN Sukorame 2 Kota Kediri. Setelah dinyatakan sangat efektif bahan ajar yang dikembangkan diharapkan guru kelas IV dapat menggunakan kembali bahan ajar bermuatan cergam pada proses pembelajaran, karena dengan pembelajaran menggunakan bahan ajar bermuatan cergam nilai siswa semakin meningkat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Bermuatan Cergam, Tematik
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Siti Nur Aisyah
Date Deposited: 17 Aug 2022 11:35
Last Modified: 17 Aug 2022 11:35
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4761

Actions (login required)

View Item View Item