Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018

Meze, Maria Florentina and TOHARI, AMIN (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. In: Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi dan Call For Paper (Restrukturisasi Ekonomi dan Bisnis di Era Covid 19), 19 September 2020, Kediri.

[img] Text
62201_0715078102_Artikel Prosiding Senmea Nilai Perusahaan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
62201_0715078102_Hasil Cek Similarity Prosiding Senmea Nilai Perusahaan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
62201_0715078102_Peer Review Prosiding Senmea Nilai Perusahaan.pdf

Download (984kB)
Official URL: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senme...

Abstract

Nilai perusahaan merupakah salah satu alat ukur untuk mendapatkan laba karena akan membawa kesuksesan para pimpinan dan manajer dalam mengelola keuangan perusahaan. Para pemegang saham menginginkan nilai perusahaan yang tinggi. Nilai perusahaan yang tinggi mencerminkan nilai saham yang tinggi, sehingga dianggap akan memberikan kesejahteraan yang tinggi kepada para pemegang saham. Tawar menawar kontrak keuangan dalam suatu perusahaan diperlukan adanya ukuran perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Profitabilitas (ROA), Leverage (DER) dan pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia Periode 2016 – 2018. Sampel yang digunakan sebanyak 20 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda dengan menggunakan pendekatan kuantitatif metode ex post facto. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, Hasil penelitian menunjukkan (1) Profitabilitas (ROA), Leverage (DER) dan Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan Leverage (DER) dan corporate Social Responsibility secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Ukuran Perusahaan mampu memoderasi Profitabilitas (ROA), Leverage (DER) dan Corporate Social Responsibility (CSR).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 550 Economics > 562 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Akuntansi
Depositing User: Amin Tohari
Date Deposited: 31 Mar 2022 13:07
Last Modified: 31 Mar 2022 13:07
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item View Item