Wulansari, Wiwin and NURMILAWATI, MUMUN and UTAMI, BUDHI (2020) ANALISIS VALIDASI KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN ARGUMENTASI SISWA BIOLOGI SMA KELAS XI MIPA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_84205_16101060006.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (826kB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_84205_16101060006_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (References)
RAMA_84205_16101060006_0006096801_0729116401_06_ref..pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (117kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_84205_16101060006_NIDN1_NIDN2_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (142kB) | Request a copy |
Abstract
Di Indonesia pendidikan abad 21 memiliki 4 keterampilan yaitu creative thinking (berpikirkreatif), critical thinking(berpikir kritis),collaboration (keterampilankolaborasi), dan communication(keterampilan komunikasi). Keterampilan abad 21 tersebut diwujudkan melalui kurikulum K -13 yang menuntut siswa aktif dalam pembelajaran. Diharapkan siswa mampu memiliki keterampilan abad 21, diantaranya keterampilan komunikasi dan argumentasi. Keterampilan komunikasi penting bagi siswauntuk membantu menyampaikan, mendengarkan dan memahami makna pengetahuan, nilai, sikap dan perhatian. Keterampilan argumentasi penting bagi siswauntuk membantu siswa berpendapat secara rasional, sehingga orang lain menerima pendapat tersebut. Instrumen keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa dibuat sebagai alat untuk mengukur keterampilan siswa, dan validasi instrumen mempermudah pengumpulkan data dengan hasil lebih lengkap,baik, sistematis dan mudah diolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria validasi instrumen keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa biologi SMA kelas XI MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperolehmenunjukkan bahwa tingkat validasimenurut ahli instrumen keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa biologi SMA kelas XI MIPA termasuk kriteria Baik (B) dengan nilai 25, sedangkan menurut praktisi instrumen keterampilan komunikasi dan argumentasi siswa SMA kelas XI MIPA termasuk kriteria Sangat Baik (SB) dengan nilai 26. Kata Kunci: keterampilan komunikasi, argumentasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan komunikasi, argumentasi |
Subjects: | 660 Art, design and media > 709 Product design 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs. Wiwin Wulansari |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 05:30 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 05:30 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/462 |
Actions (login required)
View Item |