Investigasi Strategi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor

Puspitasari, M. Dewi Manikta (2018) Investigasi Strategi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 3 (2). pp. 1-6. ISSN 2548-7183

[img] Text (Artikel_Investigasi Startegi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor)
1. (2018) Investigasi Strategi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text (Cek Plagiasi_Investigasi Strategi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor)
1. Turnitin_Investigasi Strategi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor.pdf

Download (555kB)
[img] Text (Peer Review_Investigasi Strategi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor)
1. Peer Review_Investigasi Strategi Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor.pdf

Download (352kB)
Official URL: http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/vi...

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui strategi pemecahan masalah dan penguasaan konsep materi kalor setelah pembelajaran fisika melalui integral learning. Strategi pemecahan masalah dalam penelitian ini merupakan proses kognitif yang terjadi selama memecahkan masalah dalam penguasaan konsep. Penelitian ini menggunakan embedded design. Subjek penelitian terdiri atas 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep dan wawancara. Tes penguasaan konsep terdiri atas 7 butir soal uraian untuk mengetahui strategi pemecahan masalah dan penguasaan konsep siswa setelah materi diberikan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan sequential data collection. Data kuantitatif diperoleh dari data nilai tes penguasaan konsep. Data kualitatif diperoleh dari data strategi pemecahan masalah siswa pada tes. Teknik analisis data penelitian ini mengacu pada sequential data analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemecahan masalah yang siswa lakukan dalam menyelesaikan masalah pada tujuh soal penguasaan konsep materi kalor setelah penerapan integral learning, siswa melakukan mapping mathematics to meaning, physical mechanism game, recursive plug and chug, dan transliteration to mathematics.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 773 Physical education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > D3-Teknik Elektro
Depositing User: M. Dewi Manikta Puspitasari
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:10
Last Modified: 11 Mar 2022 03:10
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4592

Actions (login required)

View Item View Item