PERMATA, NOVALIA NIDYA and ZAMAN, WAHID IBNU and DAMAYANTI, SUSI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR PADA MATERI SUMBER ENERGI ALTERNATIF UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI MRICAN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
NOVALIA_86206_17101100015.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
NOVALIA_86206_17101100015_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (464kB) |
|
Text (Bab 1 + References)
NOVALIA_86206_17101100015_0713078602_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (370kB) |
|
Text (BAB 2)
NOVALIA_86206_17101100015_0713078602_0723117802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (612kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
NOVALIA_86206_17101100015_0713078602_0723117802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
NOVALIA_86206_17101100015_0713078602_0723117802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (736kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
NOVALIA_86206_17101100015_0713078602_0723117802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (References)
NOVALIA_86206_17101100015_0713078602_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (273kB) |
|
Text (Lampiran)
NOVALIA_86206_17101100015_0713078602_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Perangkat pembelajaran pada materi sumber energi alternatif di SD negeri mrican 1 yang digunakan masih kurang mendukung, kurangnya pengunaan media saat proses pembelajaran berlangsung serta selama proses pembelajaran berlangsung peserta didik hanya melihat buku paket dan mendengarkan penjelasan dari guru saja sehingga peserta didik kurang memahami materi sumber energi alternatif karena peserta didik belum pernah melihat contoh secara konkret. Ketika guru selesai menjelaskan siswa diminta untuk mengerjakan soal yang kemudian di koreksi bersama-sama. Hal tersebut secara tidak langsung sangat memengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media miniatur. Rumusan masalah pada penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana pengembangan media miniatur pada materi sumber energi alternatif yang valid? (2) Bagaimana pengembangan media pembelajaran miniatur pada materi sumber energi alternatif yang praktis? (3) Bagaimana pengembangan media pembelajaran miniatur pada materi sumber energi alternatif yang efektif? Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE dimana model ini memiliki lima tahapan, yaitu (1) Analysis (Analisis), Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Peneliti mengambil sampel sebanyak 28 siswa yang akan dijadikan sebagai uji coba terbatas dan uji coba luas dari SDN MRICAN 1 Kota Kediri melalui pre-test dan post test. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket melalui teknik analisis data (validitas, kepraktisan, dan keefektifan). Sedangkan teknik analisis data berupa analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran miniatur yang diperoleh, antara lain: (1) pengembangan media pembelajaran minitaur materi sumber energi alternatif kelas IV pada SD Negeri Mrican 1 sesuai dengan prosedur pengembangan ADDIE. (2) media miniatur dinyatakan layak digunakan dilihat dari: (a) hasil validasi media memperoleh presentase nilai 90% dan validasi materi memperoleh presentase nilai 89%, (b) hasil angket kepraktisan guru memperoleh nilai 90%, (c) hasil angket respon siswa pada uji coba yang telah dilakukan memperoleh presentasi nilai 91%. Berdasarkan pernyataan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa media miniatur layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas IV pada materi sumber energi alternatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | miniature media, ADDIE, alternative energy sources, research and development |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 110 Natural sciences 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Novalia Permata |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 02:09 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 02:09 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4538 |
Actions (login required)
View Item |