Suryo, Widodo (2021) Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3 (2). pp. 111-122. ISSN 2656-5846
Text
84202_0002026403.pdf Download (646kB) |
|
Text
84202_0002026403_PEER_REVIEW.pdf Download (3MB) |
|
Text
84202_0002026403_SIMILARITY.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan siswa dalam berpikir kritis yang meningkat melalui implementasi pembelajaran kontekstual menjadi topik kajian dalam penelitian ini. Pembelajaran kontekstual melatih siswa untuk menemukan esensi/makna konsep matematika yang dipelajari. Dengan demikian, melalui pembelajaran kontekstual, siswa mampu memahami keterkaitan antar konsep serta penerapannya pada kehidupan. Data penelitian ini diperoleh dari jurnal atau artikel yang relevan dengan pembelajaran kontekstual sebanyak sepuluh artikel. Penelitian ini menggunakan metode pembanding kuantitatif. Setelah dilakukan analisis, hasil yang diperoleh adalah implementasi pembelajaran kontekstual efektif diterapkan untuk dalam upaya peningkatan critical ability siswa mulai dari peningkatan terendah sebesar 6,96% sampai dengan yang paling tinggi sebesar 69,36% dengan rata – rata peningkatan sebesar 40,70%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Suryo Widodo |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 13:58 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 13:58 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4143 |
Actions (login required)
View Item |