PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS KOMPONEN EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SDN TEGOWANGI KABUPATEN KEDIRI

Ulfaliana, Shanty and KURNIA, ITA and MUKMIN, BAGUS AMIRUL (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS KOMPONEN EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SDN TEGOWANGI KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_17101100012.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100012_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_17101100012_0701128306_0710059001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100012_0701128306_0710059001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100012_0701128306_0710059001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100012_0701128306_0710059001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100012_0701128306_0710059001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_17101100012_0701128306_0710059001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (163kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_17101100012_0701128306_0710059001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamanatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh guru yang lebih cenderung menggunakan metode ceramah tanpa didukung media pembelajaran serta siswa hanya diminta membaca dan menghafal tanpa diberi kesempatan untuk mengungkapkan ide-ide yang mereka miliki. Sehingga berkibat pada hasil belajar siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran group investigation didukung media diorama dibandingkan model direct instruction didukung media diorama terhadap kemampuan menganalisis komponen ekosistem pada siswa kelas V SDN Tegowangi Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan nonrandomized pretest posttest control group desain. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Tegowangi Kabupaten Kediri yang terdiri dari kelas VA dan VB yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian diuji menggunakan teknik analisis t-test digunakan untuk menguji hipotesis 1, 2, dan 3 yang didapatkan dari hasil belajar IPA yang dikumpulkan dengan instrumen berupa tes uraian berjumlah 10 butir soal valid dan reliabel menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah (1) pada model pembelajaran group investigation didukung media diorama nilai thitung dan ttabel untuk taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (df) 19 diperoleh ttabel 5% (2,093). Dari hasil perhitungan dari thitung 5% diperoleh nilai thitung 11,174 > 2,093 dan pada kolom Sig.(2-tailed) yaitu yang bernilai 0,000 < 0,05 dengan demikian signifikan. (2) pada model pembelajaran direct instruction didukung media diorama thitung dan ttabel untuk taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (df) 19 diperoleh ttabel (2,093). Dari hasil perhitungan dari thitung 5% diperoleh nilai thitung 6,769 > 2,093 dan pada kolom Sig.(2-tailed) yaitu bernilai 0,000 < 0,05 dengan demikian signifikan. (3) ada perbedaan dari hipotesis 1 dan hipotesis 2 sehingga nilai thitung dan ttabel untuk taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (df) 38 ttabel 5% (2,024). Dari hasil perhitungan thitung diperoleh nilai 5,926 > 2,042 dan sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran group investigation didukung media diorama lebih unggul dibandingkan dengan model direct instruction didukung media diorama terhadap kemampuan menganalisis komponen ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Media Diorama, Kemampuan Menganalisis
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Shanty Ulfaliana
Date Deposited: 30 Jun 2022 01:14
Last Modified: 30 Jun 2022 01:14
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3785

Actions (login required)

View Item View Item