PENERAPAN MODIFIKASI BOLA MINI UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI MINI PADA SISWA KELAS IV SDN 4 MADE LAMONGAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Noviatus, Suaidah and Nur Ahmad, Muharram and RURUH, ANDAYANI (2021) PENERAPAN MODIFIKASI BOLA MINI UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI MINI PADA SISWA KELAS IV SDN 4 MADE LAMONGAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas nusantara PGRI Kediri.

[img] Text
RAMA_85201_18.1.01.09.0217.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RAMA_85201_18.1.01.09.0217_0725018205_0703098802_01_front_ref.pdf

Download (254kB)
[img] Text
RAMA_85201_18.1.01.09.0217_0725018205_0703098802_02.pdf

Download (365kB)
[img] Text
RAMA_85201_18.1.01.09.0217_0725018205_0703098802_03.pdf

Download (130kB)
[img] Text
RAMA_85201_18.1.01.09.0217_0725018205_0703098802_04.pdf

Download (228kB)
[img] Text
RAMA_85201_18.1.01.09.0217_0725018205_0703098802_05.pdf

Download (94kB)
[img] Text
RAMA_85201_18.1.01.09.0217_0725018205_0703098802_06_ref.pdf

Download (67kB)
[img] Text
RAMA_85201_18.1.01.09.0217_0725018205_0703098802_07_lamp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RAMA_85201_18.1.01.09.0217_SIMILARITY.pdf

Download (190kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Servis bawah bolavoli dengan permainan bolavoli mini dan peraturan yang dimodifikasi pada Siswa Kelas IV SDN 4 Made Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas( PTK ). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 4 Made Lamongan yang berjumlah 25. Sumber data berasal dari guru sebagai observer dan siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar sepak mula dalam permainan bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif dengan hasil prosentase. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Prestasi belajar servis bawah melalui permainan bolavoli mini yang dimodifikasi dalam permainan bolavoli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 71% dengan jumlah 17 siswa dan yang belum tuntas pada Siklus I adalah 29% dengan jumlah siswa 8 orang. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase prestasi belajar siswa dalam melakukan servis atas pada permainan bolavoli dengan kategori tuntas sebesar 82% dengan jumlah 20 siswa yang tuntas dan yang belum tuntas pada Siklus II adalah 18% dengan jumlah 5 siswa yang belum tuntas. Hal ini bisa dikatakan dalam penelitian ini pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada pembelajaran bolavoli dan tidak dilanjutkan ke tahap siklus III. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran servis bawah pada permainan bolavoli dengan menggunakan permainan bolavoli mini bisa meningkatkan hasil belajar servis bawah pada permainan bolavoli pada siswa kelas IV SDN 4 Made Lamongan. Kata kunci :Modifikasi Pembelajaran, Bolavoli mini, Bolavoli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 710 Education science > 761 Physical education, health and recreation
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: noviatus suaidah suaidah
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:49
Last Modified: 04 Mar 2021 03:49
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3079

Actions (login required)

View Item View Item