Peningkatan Kemampuan Menganalisis Fenomena Sosial dengan Penerapan Model Problem Based Learning

IMRON, ILMAWATI FAHMI and Aka, Kukuh Andri (2018) Peningkatan Kemampuan Menganalisis Fenomena Sosial dengan Penerapan Model Problem Based Learning. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7 (2). pp. 102-110. ISSN 2548-2254

[img] Text (Penerapan Model PBL dan GI Terhadap Kemampuan Menganalisis Fenomena Sosial Berorientasi Pendekatan Interdisipliner)
86206_0710128902.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY-TURNITIN)
86206_0710128902_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (PEER REVIEW-KUKUH ANDRI AKA)
86206_0713118901_PEER REVIEW_KUKUH ANDRI AKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (869kB)
[img] Text (PEER REVIEW-ILMAWATI FAHMI IMRON)
86206_0713118901_PEER REVIEW_ILMAWATI FAHMI IMRON.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/articl...

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan pada mahasiswa UN PGRI Kediri pada pembelajaran IPS, ditemukan beberapa kendala dalam praktik pembelajaran IPS yakni mahasiswa banyak yang bermain game, kemudian ketika dosen memberikan pertanyaan mengenai fenomena sosial di lingkungan masyarakat sekitar, mahasiswa kurang tanggap terhadap permasalahan yang terjadi saat ini. Dalam pembelajaran mahasiswa sedikit melakukan tanya jawab mengenai fenomena sosial, mereka hanya duduk, diam, dengar dan banyak yang keluar masuk kelas. Hasil belajar mahasiswa tentang materi fenomena sosial juga kurang memuaskan. Terlihat dari beberapa nilai tugas mahasiswa, masih berada pada nilai 52% atau berada di bawah KKM (70%). Mencermati kendala tersebut, maka peneliti mengidentifikasi bahwa kemampuan menganalisis fenomena sosial mahasiswa pada pembelajaran IPS rendah, karena penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan bahan kajian fenomena sosial, sehingga mahasiswa jenuh dalam pembelajaran dan merasa kesulitan dalam pemahaman isi materi dan kurang mampu menganalisis penyebab, dampak, dampak lanjutan, dan solusi dari fenomena sosial yang disajikan oleh dosen. Berdasarkan hal disamping, peneliti bermaksud melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan menganalisis fenomena sosial dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 802 Curriculum and educational technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kukuh Andri Aka
Date Deposited: 12 Jan 2021 21:33
Last Modified: 14 Jan 2021 03:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2828

Actions (login required)

View Item View Item