Regulasi Emosi Secara Kognitif Guru dan Perilaku Antisosial Anak

YULIANTO, DEMA and UTOMO, HANGGARA BUDI and WATI, EPRITHA KURNIA (2020) Regulasi Emosi Secara Kognitif Guru dan Perilaku Antisosial Anak. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (1). pp. 119-126. ISSN 2442-9163

[img] Text
Artikel Regulasi Emosi Secara Kognitif Guru dan Perilaku Antisosial Anak.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Cek Plagiasi Regulasi Emosi Secara Kognitif Guru dan Perilaku Antisosial Anak.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review Regulasi Emosi Dema)
Peer Review Regulasi Emosi.pdf

Download (223kB)
[img] Text (Peer Review Regulasi Emosi Epritha)
Peer Review Regulasi Emosi_004.pdf

Download (501kB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/articl...

Abstract

Mengelola emosi dapat dilakukan dengan pendekatan kognitif dan perilaku. Pendekatan kognitif menjelaskan bahwa emosi yang dirasakan individu merupakan hasil dari penilaian terhadap situasi yang dihadapinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji pendekatan regulasi emosi secara kognitif guru dalam menghadapi perilaku anti sosial anak TK. Metode penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Secara mendasar, studi pustaka terkait dengan kajian teoritis dan referensi lain yang berkaitan dengan nilai, budaya, dan norma yang berkembang pada situasi yang diteliti. Pendekatan regulasi emosi secara kognitif yang dapat dilakukan guru, antara lain: (1) guru dapat mengajarkan regulasi emosi anak dengan cara menanggapi emosi dan mengajarkan tentang emosi; (2) guru dapat memberikan bimbingan dalam kompetensi emosional dengan cara memberikan contoh emosi yang positif dan negatif, cara menanggapi emosi anak, dan memanifestasikan emosi; (3) guru dapat berinteraksi dengan anak, sambil mengidentifikasi emosi yang sering muncul pada diri anak-anak.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Dema Yulianto
Date Deposited: 02 Dec 2020 09:54
Last Modified: 07 Jun 2021 09:15
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2664

Actions (login required)

View Item View Item