PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PQ4R DIDUKUNG MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KALIMAT UTAMA SISWA KELAS 3 SD TAROKAN 3

Wulandari, Triana (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PQ4R DIDUKUNG MEDIA KOMIK DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KALIMAT UTAMA SISWA KELAS 3 SD TAROKAN 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060323.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060323_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060323_0724077901_0721048003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060323_0724077901_0721048003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060323_0724077901_0721048003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060323_0724077901_0721048003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060323_0724077901_0721048003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060323_0724077901_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (443kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060323_0724077901_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran PQ4R yang didukung media komik digital terhadap hasil belajar siswa dalam menemukan kalimat utama di kelas III Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya keterlibatan dan hasil belajar siswa akibat dominasi model pembelajaran satu arah dan kurang menarik. Model PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) merupakan strategi membaca aktif yang melibatkan siswa secara langsung dalam memahami teks, sementara media komik digital digunakan sebagai penunjang visual yang menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Tarokan 3 sebanyak 27 siswa. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dan dianalisis menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan model PQ4R didukung media komik digital dibanding sebelum perlakuan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai pretest siswa sebelum perlakuan memiliki rata-rataa 74,1 yang secara signifikan lebih rendaah dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan sesudah diberikan perlakuan, nilai posttest siswa mencapai rata-rata 82,1 yang secara signifikan melebihi Kirterian Ketuntasan Minimal (KKM). Temuan ini mendukung bahwa model PQ4R yang dipadukan dengan media komik digital efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks, khususnya dalam menemukan kalimat utama. Dengan demikian, pengaruh Model Pembelajaran PQ4R didukug media komik digital terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Serta pendekatan ini layak diterapkan sebagai alternatif model pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih interaktif dan bermakna di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PQ4R learning, digital comics, reading skills, intensive reading, main sentence of each paragraph.
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 459 Computer science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Triana Wulandari
Last Modified: 10 Aug 2025 12:38
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22239

Actions (login required)

View Item View Item