Wijaya, Fani Kusuma (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI ANIMAKER MACA (MATERI PECAHAN) KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060288.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060288_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060288_0006096801_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060288_0006096801_0702078502_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060288_0006096801_0702078502_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060288_0006096801_0702078502_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060288_0006096801_0702078502_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (660kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060288_0006096801_0702078502_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (526kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060288_0006096801_0702078502_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa kelas V SDN Papar 3. Berdasarkan hasil observasi, guru masih menggunakan metode ceramah dan teacher centered (berpusat pada guru) saat mengajar, manfaat penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi atau IT kurang optimal, sehingga siswa kesulitan memahami materi khususnya pada materi pecahan. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi animaker sebagai solusi untuk meningkatkan pembelajaran dan mempermudah pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui kevalidan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Animaker maca (materi pecahan) kelas 5 sekolah dasar. (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi animaker maca (materi pecahan) dalam proses pembelajaran di kelas 5 sekolah dasar. (3) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi animaker maca (materi pecahan) kelas 5 sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode Development Research (DR) dengan model pengembangan Tessmer, yang meliputi tahapan self-evaluation, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Instrumen data mencakup angket validasi ahli serta angket respon guru dan siswa. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, digunakan pre-test dan post-test sebagai instrumen evaluasi. Uji coba dilakukan secara bertahap, yaitu One-to-one pada 3 siswa, Small Group pada 6 siswa, dan Field Test pada 16 siswa kelas 5 di SDN Papar 3. Berdasarakan penelitian dihasilkan data sebagai berikut: (1) Media pembelajaran audio visual berbasis animaker mendapat kevalidan sebesar 90% dari ahli media dan 96,1% dari ahli materi, dengan persentase dari para ahli tersebut media dapat dikategorikan “Sangat Valid”, (2) Dari hasil respon guru mendapat persentase sebesar 94%, sedangkan angket respon siswa one to one memperoleh skor 86%, angket respon siswa small group memperoleh 88,6%, dan angket respon siswa field test memperoleh 90,87% tegolong kriteria “Sangat Praktis”, (3) sedangkan dari hasil uji efektifitas terhadap 16 siswa menunjukkan ketuntasan klasikal, diantaranya dengan uji coba one to one memperoleh persentase 100%, small group memperoleh persentase 100%, dan field test memperoleh persentase 100%. Dengan demikian media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi animaker Maca (Materi Pecahan) dinyatakan “Sangat Efektif”. Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa pengembangan media audi visuak berbasis aplikasi animaker Maca (Materi Pecahan) kelas 5 SDN Papar 3 memenuhui kriteria sangat valid, praktis, dan efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar. |
Subjects: | 710 Education science > 722 Historical education 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fani Kusuma Wijaya |
Last Modified: | 09 Aug 2025 16:33 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |