PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA PERMULAAN BERGAMBAR BERBASIS METODE STUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PADA SISWA KELAS I SDN PARE 6

Khoyrun Nisa Hayu, Yuana Arshella (2025) PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA PERMULAAN BERGAMBAR BERBASIS METODE STUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) PADA SISWA KELAS I SDN PARE 6. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060300.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060300_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060300_0728129001_0022086508_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (783kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060300_0728129001_0022086508_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060300_0728129001_0022086508_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060300_0728129001_0022086508_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060300_0728129001_0022086508_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060300_0728129001_0022086508_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060300_0728129001_0022086508_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Pare 6. Berdasarkan hasil observasi awal, banyak siswa yang masih terbata-bata saat membaca, kesulitan membedakan huruf-huruf tertentu seperti "b" dan "d", serta belum dapat membaca huruf menjadi suku kata dan kata dengan baik. Guru masih menggunakan metode yang kurang bervariasi yaitu metode eja dan menggunakan buku paket tanpa adanya media ajar pendukung, sehingga minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran sangat rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan bahan ajar yang menarik, kontekstual, dan sesuai dengan perkembangan anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul membaca permulaan bergambar berbasis metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pada tahap analisis, dilakukan observasi dan wawancara dengan guru kelas I untuk mengetahui kondisi pembelajaran membaca serta kendala yang dihadapi. Pada tahap desain, dirancang modul membaca permulaan bergambar yang memuat pendekatan SAS yang terdiri atas tahapan struktural, analitik, dan sintetik. Modul disusun dengan ilustrasi bergambar, warna menarik, dan bahasa sederhana yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas I. Tahap pengembangan melibatkan validasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar. Selanjutnya, modul diimplementasikan melalui uji coba terbatas di SDN Pare 6 dengan subjek penelitian 8 siswa dan uji coba luas di SDN Tertek 4 dengan subjek penelitian 17 siswa. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa modul berada dalam kategori sangat valid dengan skor persentase yang diperoleh dari validator ahli materi sebesar 83% dan validator bahan ajar sebesar 86%. Uji kepraktisan oleh guru dan siswa memperoleh skor rata-rata 94,3% yang berarti sangat praktis dan dapat digunakan. Efektivitas modul diuji melalui pre-test dan post-test kepada siswa, dengan hasil peningkatan skor belajar mencapai 88%, menunjukkan bahwa modul sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Selain itu, respons siswa terhadap modul juga sangat positif, karena mereka merasa lebih mudah memahami isi pembelajaran dengan bantuan gambar dan kalimat yang sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan modul membaca permulaan bergambar berbasis metode SAS dinyatakan valid, praktis, efektif. Sehingga dapat untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: module, early reading, Structural Analytic Synthetic method.
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Yuana Arshella Khoyrun Nisa Hayu
Last Modified: 08 Aug 2025 14:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21775

Actions (login required)

View Item View Item